Tak Punya KPS, Penerima Kompensasi BBM Minta Rekomendasi


TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG -  Program Simpanan Keluarga Sejahtera(PSKS) tahun 2014 yang di adopsi dari program kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), tengah dilakukan pembagiannya kepada warga miskin pemegang Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang ada diwilayah Kecamatan Rimbo Bujang dan Kecamatan Rimbo Ulu.

Pelayanan pencairan atau pembagian bantuan dana PSKS orang tidak mampu tersebut, dilakukan oleh pihak Kantor Pos Rimbo Bujang di Kelurahan Wirotho Agung, sampai dengan batas waktu pelayanan 12 Desember 2014.

Ironisnya, sebagian besar warga miskin atau kurang mampu penerima bantuan PSKS kompensasi BBM, banyak yang tidak mempunyai Kartu KPS. Namun, mereka tercantum dalam daftar penerima PSKS tahun 2014. Sehingga, mereka kebingungan dan terombang-ambing dan harus mengadu kemana. Akibatnya, mereka banyak yang belum menerima dana bantuan PSKS tersebut.

Akibat kebingungan, para warga miskin penerima PSKS yang tidak mempunyai identitas (Kartu KPS - red), sampai sekarang ini masih banyak yang belum menerima bantuan dana kompensasi BBM tersebut.

" Memang benar, sampai saat ini kami penerima bantuan dana Kompensasi BBM, bingung dan belum bisa menerima pencairan bantuan dana tersebut di Kantor Pos Rimbo Bujang, karena kami sebagian Kartu KPS nya hilang dan sebagiannya lagi memang belum memiliki Kartu KPS, namun mereka namanya ada tercantum dalam daftar penerima bantuan di Kantor Pos," ungkap Maryati, salah seorang warga miskin di jalan KHA Dahlan Kelurahan Wirotho Agung, pada teboonline.com, Selasa (2/12).

Sementara, Kades Perintis, A'as Sunarya mengatakan, menurut pengakuannya berkisar 200 lebih warga miskin di wilayahnya, sudah tuntas dan menerima bantuan kompensasi BBM yang disalurkan melalui Kantor Pos Rimbo Bujang.

" Benar data penerima bantuan PSKS sangat Kacau, bayangkan saja, warga saya yang miskin cuma dua ratusan yang dapat bantuan, sementara warga saya yang miskin jumlahnya ribuan urang lebih. Ke depan, kita minta Pemerintah mendata ulang warga miskin melibatkan Ketua RT," Beber Kades A'as Sunarya.

Kepala Kantor Pos Rimbo Bujang, Ali Basyar, dikonfirmasi mengatakan, bagi warga miskin penerima bantuan kompensasi BBM yang benar tercantum dalam daftar (Daftar penerima bantuan - red), tetapi kehilangan atau tidak ada Kartu KPS, silahkan meminta surat keterangan atau rekomendasi dari Kades atau lurah setempat, untuk persyaratan pengambilan dana bantuan PSKS atau Kompensasi BBM ke Kantor Pos Rimbo Bujang.

" Dipersilahkan, bagi warga kurang mampu penerima bantuan PSKS, yang masuk dalam daftar penerima bantuan, tetapi tidak ada Kartu KPS, supaya meminta surat pengantar dari Kades atau Lurah, selanjutnya mengambil dana bantuan tersebut ke Kantor Pos sampai dengan tanggal 12 Desember 2014," tandas Kepala Kantor Pos Ali Basyar. (asa)

Related News