Perppu Pilkada Tak Kunjung Disahkan, Balon Kada Galau

Hasan Basri Agus
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Para bakal calon kepala daerah (Balon Kada) dalam keadan posisi galau alias bingung, baik itu bakal calon Gubernur, bakal calon Bupati dan bakal calon Walikota, yang bakal maju ke bursa pemilihan kepala daerah (Pilkada) mendatang.  

Pasalnya, peraturan pemerintah pengganti  undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur,Bupati, dan Wali Kota dipilih secara langsung. Perppu ini, mencabut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota yang mengatur bahwa kepala daerah dipilih oleh DPRD. 

Namun, Perppu nomor 1 tahun 2014 tentang Pilkada langsung yang diterbitkan Oleh Presiden SBY ini belum mendapat pengesahan dari Legislatif (DPR RI) sampai saat sekarang ini. Para balon Gubernur, balon Bupati dan balon walkot (Kandidat calon kepala daerah_red) tengah menanti penegasan Perppu Pilkada yang sedang digodok pembahasannya oleh para elit politik atau Legislator  dipusat.

Seperti yang dialami, balon Gubernur (Bakal calon gubernur) kuat provinsi Jambi, Hasan Basri Agus (HBA) yang notabenenya  gubenur Jambi aktif. Hal tersebut diungkapkan  oleh Gubernur HBA, saat berkunjung di Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo baru - baru ini. 

" Saya turun melakukan kunjungan ke daerah - daerah bukan sebagai bakal calon Gubernur. Namun, kapasitas saya sebagai gubernur yang memang merupakan agenda rutinitas sebagai kepala daerah," Terang gubernur HBA, pada Teboonline.com, baru - baru ini.

Terkait persiapan pencalonanya sebagai balon Gubernur Jambi periode yang akan datang, HBA masih menunggu hasil kepastian perppu pilkada. 

" Untuk persiapan pencalonan saya, sebagai incumbent balon Gubernur Jambi yang akan datang,persiapannya relatif masih sedang -sedang saja, dan masih menunggu hasil perppu pilkada, apakah Pemilukada langsung atau tidak, kita tunggu saja," ujar HBA.

Sementara, Wartono Triyan Kusumo, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tebo dikonfirmasi menyebutkan, membenarkan Perppu Pilkada mulai masuk pembahasannya oleh DPR RI bulan Januari 2015. 

Menurutnya, pembahasan Perppu Pilkada menuju Pilkada langsung, bakal berjalan mulus disahkan oleh DPR RI. Indikasinya fraksi di DPR RI, baik koalisi KIH dan beberapa fraksi KMP sudah satu pandangan, terkait Pilkada langsung, 

" Ya, mudah - mudahan Perppu Pilkada langsung bisa mulus disahkan legislatif. Apabila, Perppu Pilkada tersebut disahkan, maka Pilkada langsung bakal digelar tahun 2015 bagi Kepala Daerah yang masa bhaktinya berakhir mulai januari 2015. Sedangkan bagi Kepala Daerah yang masa bhaktinya berakhir tahun 2016, akan digelar Pilkada langsung secara serentak pada tahun 2018 mendatang," pungkas Wartono Triyan Kusumo. (asa) 

Related News