Penerima Bantuan Raskin Di Kabupaten Tebo Tidak Real

Ilutrasi

TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Pemkab Tebo kini tengah fokus melakukan pemutakhiran data penerima Beras Miskin (Raskin). Pasalnya, untuk tahun 2015 mendatang, pagu Raskin sebanyak 2,2 ton seluruhnya harus tepat sasaran.

" Memang kalau untuk pagu Raskin di tahun 2015 nanti belum banyak perubahan, jumlahnya masih sama dengan tahun sebelumnya. Hanya saja yang berubah adalah pemutakhiran data penerima Raskin," beber Erlinda, Kabag Ekbang, Setda Tebo, kepada Teboonline.com, kemarin.

Untuk itu, Erlinda meminta kepada Kades, Camat untuk segera mendata ulang warga penerima Raskin yang terbaru. Karena menurut dia, data warga miskin yang ada saat ini adalah data statistik tahun 2011 lalu.

" Jadi untuk besok (2015,red) saya harap penyaluran Raskin tepat sasaran. Tidak ada lagi warga miskin yang tidak menerima bantuan Raskin," pintanya.

Kedepan data penerima Raskin sebanyak 12. 475 Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang ada di Tebo diharapkan bisa menyentuh warga tidak mampu. Pasalnya, banyak laporan yang ia terima dari warga, jika masih ada warga miskin penerima bantuan Raskin belum terdata.

" Bukan cuma warga, kades juga ngeluh jika data RTS yang berhak menerima bantuan Raskin tidak real," ujarnya.

" Bahkan kalau diamati berdasarkan jumlah serapan Raskin yang disalurkan terlihat ada penurunan jumlah RTSnya.  Kita berharap jika proses pendataan ulang ini berjalan, kades yang punya wilayah ikut dilibatkan," bebernya.

Seperti diketahui, jumlah warga penerima bantuan Raskin sampai saat ini yang paling banyak adalah di Kecamatan Tebo Tengah, berikutnya Kecamatan Rimbo Bujang. (crew)

Related News