Paska Angin Puting Beliung, Warga Dihimbau Waspada

Salah satu Pohon yang tumbang akibat angin puting beliung di Kecamatan Rimbo Bujang
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Pasca kejadian angin puting beliung pada Minggu malam kemarin yang memporak porandakan puluhan rumah warga dan pepohonan bertumbangan di Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang, warga diminta untuk waspada.

Pasalnya, saat sekarang ini, intensitas curah hujan cukup tinggi dengan angin kencang dan petir, sehingga berpotensi terjadinya bencana alam, seperti banjir dan angin kencang yang dapat merobohkan pepohonan besar dan membahayakan jiwa manusia dan pemukiman warga.                     

Pada umumnya, masyarakat di Rimbo Bujang dan sekitarnya tempat pemukiman (Rumah_red) banyak jaraknya berdekatan pepohonan dengan rumahnya, sehingga berpotensi membahayakan  dan mengancam jiwa.

" Kita himbu kepada masyarakat, yang rumahnya berada dan berdekatan dengan pepohonan besar supaya lebih berhati - hati. Kita ambil pengalaman kejadian baru - baru ini angin puting beliung menumbangkan rumah dan pepohonan besar, beruntung saat itu tidak ada korban jiwa manusia," Ujar Bambang Irwanto, Kasi Trantibum Kantor Camat Rimbo Bujang, pada Teboonline.com, Rabu (10/12).                  

Dikatakan Bambang, memang Kecamatan Rimbo Bujang sekitarnya, bukan wilayah rawan banjir. Namun, angin kencang disertai hujan lebat perlu diwaspadai, terutama masyarakat yang bermukim dikawasan kebun karet atau di kelilingi pepohonan besar.

" Lebih baik, untuk bersama kita ingatkan, apabila warga yang rumahnya radiusnya dekat dengan pepohonan besar, untuk antisipasi keselamatan jiwa, supaya pohon tersebut di potong saja. Selain rumah aman dari kejatuhan pohon, sinar matahari bisa menerangi pemukiman dan menjadikan rumah yang sehat," pungkas Kasi Trantibum Bambang Irwanto. (asa)                                             

Related News