Dukcapil Tebo Kejar Warga Hingga Pelosok


Bekty Fery Densi
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Upaya Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tebo untuk memberantas masyarakat yang tidak punya KTP terus dilakukan. Ini terus dibuktikan dengan memburu warga di desa hingga pelosok.

" Mau dak mau harus kita kejar hingga pelosok. Nanti tu tidak ada lagi warga Tebo yang dak punya KTP," sebut Fery Bekti, Kabid Pendataan Kependudukan Capil Kabupaten Tebo.

Fery menuturkan, untuk turun ke pelosok pedesaan tidak sedikit hambatan yang didapat. Terlebih sebulan terakhir curah hujan diseluruh Kabuaten Tebo cukup tinggi. Akibatnya, akses jalan ke wilayah yang paling ujung seringkali rusak dan hancur. 

" Bagaimana pun juga, ini tanggung jawab kita," ujarnya lagi.

Sementara kata Fery, antusias warga yang ingin mendapatkan KTP-el begitu besar. Selain penting sebagai identitas, KTP juga banyak manfaatnya. Untuk itu sudah semestinya, Dukcapil memberikan pelayanan ekstra terhadap masyarakat yang membutuhkan pembuatan KTP. 

" Saya maunya tahun 2015 nanti tidak ada lagi warga Tebo yang tidak punya KTP," katanya.

Selama kurun 2014 ini, Dukcapil sudah melakukan perekaman dan pencetakan KTP ke warga Tebo.
Adapun distribusi KTP el dari pusat ke Kabupaten Tebo sudah mencapai 3.192 unit. Masing-masing sudah didistribusikan dan dicetak ke beberapa desa diantaranya Desa Pulau Jelmu sebanyak 335 KTP, Rimbo Bujang sebanyak 12 unit KTP, Rimbo Ulu sebesar 30 unit.

" Sementara di Kecamatan Setai Serumpun sebanyak 42 unit KTP, Desa Medan Sri ada 252 unit, dan desa Pasir Mayang ada 184 unit," terangnya.

Terakhir kata Fery, beberapa kecamatan sudah mengajukan beberapa nama untuk mendapatkan atau mencetak KTP-el. Tapi, sambung Fery setelah pihaknya melakukan pengecekan didata base kantor pelayanan Dukcapil Tebo, ternyata  tidak bisa seluruhnya di cetak.

" Karena masih ada dari daftar nama tersebut yg tidak bisa di cetak pada KTP-el nya. Karena status duplikat record," tandasnya. (crew)

Related News