Bupati Tebo : Jalan Muara Tabir Harus Dicor

BUPATI TEBO
H SUKANDAR S.Kom M.Si
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Bupati Tebo Sukandar mengatakan bahwa, agar jalan lintas menuju Kecamatan Muara Tabir kondisinya bisa bagus, perbaikannya harus dengan cara di cor. Pasalnya, menurut dia, dilihat dari kondisi wilayahnya, jika jalan tersebut diperbaiki dengan cara diaspal akan rentan cepat rusak.

“Wilayahnya rawan banjir, ditambah lagi banyak kendaraan perusahaan pengangkut CPO, buah sawit dan getah karet yang melintas. Jadi kalau diperbaiki dengan diaspal, tidak akan bertahan lama dan kembali rusak. Jadi jalan tersebut harus di cor agar bisa tahan lama,” ujar Sukandar saat dikonfirmasi teboonline.com di Pendopo rumah Dinas Bupati Tebo, Kamis (4/12).

Dijelaskan Bupati, pembuatan jalan cor membutuhkan biaya besar. Jika dibandingkan dengan jalan aspal, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai 3 kali lipat.

“Jika ukuran 1 Km jalan aspal bisa menghabiskan dana sekitar Rp 1,5 Milyar, untuk jalan cor bisa tiga kali lipatnya atau sekitar Rp 4,5 Milyar,” katanya.

Hal itu tentu saja membuat Pemkab Tebo kesulitan dalam menganggarkan dana untuk jalan tersebut. Namun, kata Sukandar, bila dibandingkan kualitas dan ketahanan jalan cor dengan jalan aspal, tentunya lebih baik dan lebih tahan jalan cor.

“Kita lihat sendiri jika jalan aspal, baru beberapa tahun selesai dikerjakan kondisinya rusak kembali. Tapi, jika jalan cor ketahanannya bisa sampai puluhan tahun. Tapi itu tadi, biaya yang harus digunakan juga besar,” tukasnya.

Meski demikian, Sukandar mengatakan akan berupaya untuk mencari solusi agar kerusakan jalan lintas menuju Kecamatan Muara Tabir bisa segera diperbaiki. Setidak-tidaknya, perbaikan jalan tersebut dikerjakan dengan cara MoU.

“Bisa saja jalan tersebut dikerjakan dengan cara MoU, namun mengingat jabatan saya tinggal beberapa tahun lagi, itu tidak mungkin dilakukan. Sebab, diakhir jabatan saya, tidak ada lagi hutang. Yang jelas, nanti akan dicari solusinya agar jalan tersebut bisa deperbaiki dengan cara di cor,” tuntasnya. (crew/besalenews.com)

Related News