Angin Puting Beliung, Terjang Puluhan Rumah

Porak - poranda : Rumah warga yang hancur dan porak - poranda diterjang angin puting beliung pada Minggu malam

TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Peristiwa bencana alam, berupa angin puting beliung, memporak porandakan puluhan rumah milik warga yang ada di Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang. 

Peristiwa amukan angin puting beliung terjadi pada Minggu malam (7/12), sekitar pukul 19.30 WIB sampai dengan 21.00 wib. Angin puting beliung yang disertai hujan lebat, petir selain merobohkan bangunan rumah milik warga, pepohonan juga banyak yang tumbang, seperti pohon karet, pohon pinang, pohon durian dan lainnya. Seiring kejadian angin puting beliung tersebut listrik PLN padam dalam sehari semalam.

Adanya laporan dari para Ketua RT, terkait kejadian angin puting beliung. Lurah Wirotho Agung Soedjarijo bersama anggota Linmas dan relawan, malam itu juga mereka menuju ke tempat kejadian peristiwa (TKP), untuk melakukan pengecekan dan pendataan terhadap warga yang rumahnya di terjang amukan angin puting beliung. 

" Benar, setelah menerima laporan dari Ketua RT, kami langsung meluncur ke TKP untuk melihat langsung dan mendata bagi warga yang menjadi korban angin puting beliung," Papar Lurah Soedjarijo, pada Teboonline.com, Senin (8/12).

Imbuh Lurah Soedjarijo, berdasarkan pengecekan dan pendataan dilapangan, 91 Kepala Keluarga (KK) rumah milik warga porak poranda oleh angin puting beliung yang berada di jalan Pahlawan, Yos Sudarso, Patimura, KHA Dahlan, RA Kartini, WR Supratman,Dr Wahidin, Jend Sudirman dan jalan KH Dewantara. 

Kebanyakan, kerusakan rumah pada atapnya berterbangan, juga pagar beton ada yang roboh, rumah roboh tertimpa pohon dan sebagian rumah di dataran rendah digenangi air hingga setinggi pusat,

Lanjutnya, dalam peristiwa angin puting beliung ini, tidak ada korban jiwa. Untuk kerugian materi di perkirakan mencapai ratusan juta rupiah. " Saya sudah membuat laporan kepada Bupati Tebo dalam hal ini Dinsosnakertrans. Dengan harapan, warga yang terkena musibah angin puting beliung, segera mendapat bantuan dari Pemerintah untuk meringankan beban derita mereka," Pungkasnya.

Sementara, Kapolsek Rimbo Bujang AKP Peby Haryanto menegaskan, sejauh ini belum ada laporan dari warga, terkait korban jiwa akibat peristiwa angin puting beliung di Rimbo Bujang. " Benar, sampai saat sekarang ini belum ada laporan warga yang menjadi korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Namun, pihaknya terus memantau dan memonitor peristiwa kejadian tersebut," jelas Kapolsek AKP Peby Haryanto. (asa)

Related News