Sukandar Tegaskan Tebo Bukan Daerah Potensi Bencana

Bupati Tebo Sukandar saat berbincang dengan perwakilan BPBD Propinsi Jambi
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Bupati Tebo Sukandar mengatakan, wilayah Kabupaten Tebo bukan daerah potensi bencana. Namun, setiap  tahunnya Tebo selalu disibukan oleh bencana yang datang dari luar Tebo atau dari daerah hulu.

Hal itu dikatakannya saat hadir dan membuka kegiatan sosialisasi Undang-Undang Penanggulangan Bencana, di aula kantor Dikbudpora Tebo, Selasa (11/11).

Dijelaskannya, ada tiga daerah yang setiap tahunnya selalu terkena bencana, yaitu daerah sepanjang aliran sungai Batang Tabir, Sungai Aro dan Desa Lubuk Mandarsah.

“ Setia tahunnya tiga daerah tersebut selelau terKena banjir. Waktunya pun selalu bersamaan,” ujar Sukandar.

Untuk menanggulangi bencana ditiga lokasi tersebut, lanjut Sukandar, Pemkab Tebo berencana merelokasi daerah itu. Sayangnya, masyarakat tidak mau meninggalkan desanya.

“ Setelah kita melakukan inventarisasi, mereka sayang meninggalkan desanya. jadi kita belum bisa melakukan relokasi,” tuturnya.

Namun, lanjut Sukandar, ada beberapa SD ditiga lokasi tersebut yang nantinya akan direlokasi, diantaranya SDN Dusun Sungai Tilan Desa Aburan Batang Tebo Kecamatan Tebo Tengah, SDN 169 Lubuk Pungggur Kecamatan Tengah Ilir dan SDN 153 Lancar Tiang Kecamatan Muara Tabir.

“ Kalau untuk SD mungkin akan kita lakukan relokasi karena rawan banjir. Memang mereka (Siswa, guru dan masyarakat_red) sudah terbiasa dengan banjir, namun kondisinya akan mengancam keselamatan dan kesehatan. Selain itu, banjir juga menghambat kegiatan belajar dan mengajar, dan menyebabkan kerugian karena Moubilier sekolah cepat rusak,” kata Bupati.

Meski Tebo bukan potensi daerah bencana, Sukandar mengingatkan kepada semua masyarakat, instansi dan pihak-pihak terkait agar, sama-sama pasang mata dan pasang telinga untuk mendapatkan informasi bencana. Jika ada bencana, Bupati minta untuk sama-sama menanggulanginya.

“ Jika ada informasi bencana cepat dilaporkan,” tuntasnya.

Terpisah, Harmain, Peltu BPBD Kabupaten Tebo mengatakan, meski Kabupaten Tebo bukan daerah potensi bencana, namun pihaknya terus berupaya siaga dalam menghadapi bencana. Salah satunya dengan mengadakan sosialisasi Undang-Undang Penanggulangan Bencana yang dilaksanakan hari Selasa ini (11/11) di aula kantor Dinas Dikbudpora Tebo.

" Dengan sosialisasi ini, kita berharap bisa meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan kemampuan aparatur masyarakat dalam mengurangi resiko bencana di Kabupaten Tebo. Dan ini sudah masuk salah satu antisipasi kita terhadap terjadinya bencana,” pungkasnya. (crew/peta)



Sumber : besalenews.com

Related News