Penyakit Muntaber Serang Warga


TEBOONLINE.COM, RIMBOULU - Sejumlah warga di Desa Suka Damai Kecamatan Rimbo Ulu banyak mengalami gangguan pada bagian perut, diduga kuat warga terkena penyakit sering berak dan muntah (Muntaber).

" Kedua anak saya secara bergantian mengalami Diare diikuti muntah-muntah, Karena itu kami bawa ke Bidan, selang 1 hari menyusul suami saya juga tertular, kata bidan Desa, kedua anak dan suami saya terkena Muntaber,” ujar Tatik, salah seorang Ibu rumah tangga.

Kepala Puskesmas Rimbo Ulu, dr Riana, saat dikonfirmasi Teboonline.com Kamis (13/11) mengatakan jika Penyakit ini memang merupakan musiman, dimana ditimbulkan akibat perubahan cuaca (Pancaroba_red).

" Kalau musim hujan panas berdebu, seperti itulah cepat menimbulkan penyakit, tidak jauh dari gangguan perut, namun hingga kini belum ada peningkatan pasien yang terkena muntaber,” ungkapnya.

Dikatakannya, penderita penyakit ini akan menjadi lemas tak bertenaga, karena kekurangan cairan dalam tubuh. Karena itu, penderita disarankan secepatnya dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan medis.

" Dihimbau kepada warga untuk waspada. Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan, serta mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersih dan sudah dimasak," katanya.

Sementara itu Kadinkes Tebo, Ridwan, menekankan kepada seluruh petugas kesehatan untuk cepat dan tanggap menghadapi perubahan iklim dan cuaca dari musim kemarau ke musim hujan membuat kerentanan tubuh terhadap penyakit meningkat.

“ Kami sudah menginstruksikan kepada petugas kesehatan di Puskesmas setempat untuk melakukan sosialisasi dan mengajak warga meningkatkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Tidak hanya di Rimbo Ulu tapi juga di Kecamatan - kecamatan lain.” pungkasnya. (santos)

Related News