Musim Hujan, Lima Desa di Muara Tabir Siaga Banjir

Bupati Tebo Sukandar saat turun ke desa
yang dilanda banjir pada musim penghujan beberapa waktu yang lalu
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Menghadapi musim penghujan, lima desa di Kecamatan Muara Tabir masuk ketegori daerah rawan bencana banjir. Kelima desa tersebut adalah Desa Embacang Gedang, Desa Tambun Arang, Desa  Olak Kemang, Desa Tanah Garo dan Desa Bangko Pintas.

" Desa tersebut setiap tahun jadi langganan banjir. Selain berada didataran rendah, kelima desa ini berada di tepi Sungai Batang Tabir," Kata Azmi, Sekretaris BPBD dan Damkar Tebo, kepada teboonline.com.

Azmi mengungkapkan, sepekan terakhir intensitas hujan di wilayah Tebo berada dalam intensitas rendah dan sedang. Ini terjadi pada sore hingga malam hari. 

"Kondisi Sungai Batang Tabir saat ini sudah mulai naik. Yang kita takutkan jika wilayah hulu permukaan sungainya naik dan air laut dibagian hilir juga meluap, sudah pasti wilayah Jambi hingga Tebo bakal banjir," urainya.

Untuk itu masih kata Azmi, pihaknya siap siaga selama 24 jam, guna mengantisipasi munculnya ancamanbencana banjir. Selain itu beragam peralatan dan logistik sudah stand bye di gudang. 

"Kita ada tenda pengungsian, Tikar, selimut, kebutuhan bayi serta makanan siap saji," sebutnya.

Terakhir ia menyampaikan, Pemkab Tebo tahun ini bakal memperoleh bantuan dana senilai Rp 600 Juta dari Provinsi Jambi untuk penanggulangan dan evakuasi korban bencana banjir. Bantuan tersebut bakal dicairkan melalui rekening, dan dialokasikan untuk korban bencana banjir.

Terpisah, Su'dah, Kabid Bantuan Jaminan Sosial, Disosnakertrans  menuturkan, ketersediaan logistik di Bufferzone Dinas Sosnakertrans tahun ini masih cukup. Jatah beras khusus cadangan beras Pemerintah yang ada digudang Bulog tahun ini tersisa 79 ton lagi. Pasalnya sejak Januari hingga Oktober kemarin sebanyak 21 ton sudah disalurkan ke warga yang terkena bencana banjir.

"Khusus Kabupaten Tebo, setiap tahun Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dari Bulog yaitu ada 100 ton," ujarnya.

"Bantuan lainnya seperti Mie Instan, Sarden dan Saos masih ketersediaan di gudang masih cukup," tutupnya. (crew)

Related News