Lurah Wirotho Agung, Sosialisasi Perda Di Sekolah

SOEDJARIDJO
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Maraknya kenakalan remaja dilingkungan pelajar diluar sekolah di Kecamatan Rimbo Bujang, semakin tak terkendali. seperti contoh melakukan hura – hura yang menjurus amoral dan pornoaksi, mengkonsumsi minuman keras (miras) dan tindakan tercela lainnya pada malam hari ditempat - tempat yang dijadikan mangkal atau berkumpul para remaja.

Hal tersebut, terdeteksi dikawasan Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang. Terkait menurunnya moralitas kalangan pelajar, membuat Lurah Wirotho Agung merasa peduli dan membuat program untuk sosialisasi tentang dampak kenakalan pelajar ke sekolah baik SLTP maupun SLTA yang ada di lingkup Kelurahan Wirotho Agung.

Lurah Wirotho Agung, menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tebo Nomor 2  dan  Nomor 3 tahun 2013, bertempat di SMPN 30 Tebo, Senin (17/11) dihadiri oleh dewan guru dan siswa SMPN 30.

Berdasarkan Perda Nomor 3 tahun 2013, tentang ketertiban umum, Bab II Pasal 8, Pelajar atau siswa sekolah dilarang a.berkeliaran ditempat umum  pada jam sekolah, kecuali didampingi oleh guru pembimbing, b.berkumpul - kumpul pada malam hari diatas pukul 22.00 wib, tanpa ada tujuan yang jelas.

Perda nomor 2  tahun 2013, tentang Penanggulangan Minuman Keras (Miras), Bab III Pasal 4, setiap orang atau badan dilarang a.Memproduksi minuman beralkohol, b.Memgoplos bahan- bahan tertentu sehingga menghasilkan minuman beralkohol atau bentuk lain yang memabukan termasuk ciu dan tuak, c.Membawa menguasai, memiliki, menyimpan atau mengedarkan minuman beralkohol, minuman oplosan atau beraroma minuman beralkohol/oplosan, d.Menjual atau menyediakan minuman beralkohol, c.Membeli atau mengkonsumsi minuman beralkohol.

Didalam Bab VII Ketentuan Pidana, Pasal 15, Setiap orang yang membeli atau mengkonsumsi minuman keras sebagai dimaksud dalam Pasal 4 huruf e, dipidana dengan pidana kurungan  paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp 20 juta. 

Dan Pasal 16, setiap orang yang mabuk mengkonsumsi minuman beralkohol, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 huruf e, dipidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp 30 juta.

Kepada para pelajar atau siswa,  diharapkan belajar dengan sungguh - sungguh, selagi muda persiapkan ilmu pengetahuan dan pendidikan setinggi mungkin. Sangat mustahil, tanpa ilmu pengetahuan dan pendikan sebagai generasi muda tidak dapat menggapai cita - cita masa depan yang lebih baik.

" Kepada para siswa, belajarlah dengan tekun, patuhi disiplin yang berlaku disekolahan. Hindari perbuatan tercela seperti mengkonsumsi Miras, Narkoba, tawuran, keluyuran malam yang tidak menentu dan perbuatan tercela lainnya," jelas Lurah Soedjarijo, pada sosialisasi saat sebagai Pembina Upacara Bendera di SMPN  30 Tebo.

Ditambahkannya, sudah banyak pelajar dan mahasiswa yang drop out atau putus sekolah  dan putus kuliah, akibat terjerumus ke tindak pidana, antara lain kebebasan seksual, mengkonsumsi Miras, Narkoba dan tindak pidana lainnya.

"Sudah banyak pelajar dan mahasiswa melakukan tindak pidana melawan hukum, yang akhirnya masuk bui. Ya, apa mau dikata, sudah sekolah tidak tamat dan kuliah tidak selesai, hidup merenung dan menyesali di hotel Vredio," tandas Lurah Soedjarijo. (asa)

Related News