Kepala Sekolah Diminta Kerjakan proyek DAK Sesuai Juknis

TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG – Pejabat Pelaksana Tekhnik Kegiatan (PPTK) proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Tebo bidang Pendidikan Dasar (Dikdas), Marzal menghimbau kepada pihak Sekolah untuk mengelola proyek DAK sesuai dengan Petunjuk Tekhnis (Juknis).

Hal itu dikatakannya pada Teboonline.com, Senin (17/11) saat memaparkan persentase realisasi proyek DAK tahun 2014 yang dikerjakan dengan system Swakelola oleh pihak Sekolah.

“ Saya menghimbau agar seluruh Sekolah untuk melaksanakan proyek DAK sesuai dengan Juknisnya serta bersama – sama dengan seluruh unsure seperti Konsultan, Komite Sekolah agar dikemudian hari nanti tidak timbul persoalan,” ajak Marzal.

Dilanjutkan Marzal, untuk bidang Dikdas (SD/SMP_red), ada 44 Sekolah yang mendapatkan alokasi proyek DAK tahun 2014 di Kabupaten Tebo dan kesemuanya dikerjakan tanpa ada kendala.

Terkait realisasinya, pada pencairan dana tahap 1 sebesar 40 % dan realisasi fisiknya 32,1 % diantaranya untuk pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) 32,1 % dan rehabilitasi 30 %.

“ Untuk RKB SD sebanyak 14 sekolah, rehab SD 16 sekolah, RKB SMP 4 sekolah dan rehab SMP sebanyak 10 sekolah. Total kesemuanya SD dan SMP di Kabupaten Tebo yang dapat dana DAK sebanyak 44 sekolah,” terang Marzal menambahkan.

Untuk proses selanjutnya imbuh Marzal, pada hari Kamis mendatang tanggal 20 November bakal pencairan dana DAK tahap kedua atau 70 %. Namun, pihak sekolah sebagai pengelola DAK harus terlebih dahulu memberikan laporan kepada Dinas seperti melaporkan progress dan SPJ yang disertai dengan poto – poto gedung sekolah yang sedang dikerjakan.

Terkait limit waktu pekerjaan proyek DAK ketika ditanya Koran ini, Marzal menyatakan bahwa, sebelum tanggal 31 Desember 2014 mendatang, semua sekolah harus sudah siap mengerjakannya. (crew)  

Related News