Keberadaan Dan Kontribusi Frankfurt Zoological Society Di Sumay Dipertanyakan


Ilustrasi
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Keberadaan Frankfurt Zoological Society (FZS) salah satu NGO dunia yang beraktivitas di Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, yang bergerak pada penangkaran Orang Hutan Sumatera, dipertanyakan. 

Pasalnya, sudah beberapa tahun keberadaan NGO tersebut hingga saat ini belum ada komunikasi maupun koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo, apalagi kontribusi untuk pembangunan Tebo.

" Memang saya dengar ada NGO dunia yang beraktivitas di Tebo. Program mereka (NGO,red) adalah penangkaran Orang Hutan. Tapi sejauh yang saya tahu, belum ada kontribusi mereka untuk Tebo," ungkap Agus Sunaryo, Kepala Bapedda Kabupaten Tebo sewaktu dikonfirmasi Teboonline.com terkait kontribusi NGO FZS pada Tebo, beberapa waktu yang lalu.

Hal yang sama juga dikatakan Najib, salah satu anggota DPRD Tebo dari partai Gerindra. Dia juga mengaku sudah lama mengetahui aktivitas FZS di Kecamatan Sumay. Bahkan menurut dia, sudah selayaknya DPRD Tebo melakukan sidak ke lokasi untuk mengetahui aktivitas FZS. 

" Sudah lama saya tahu keberadaan FZS. Bertahun sudah mereka (FZS,red) beraktivitas di Tebo, sudah seharusnya kita sidak kesana untuk mengetahui aktivitas apa saja yang dilakukan mereka disana," kata Nazib.

Sementara, Hari Sugiarto, Kepala Kesbangpol Linmas Tebo sewaktu dikonfirmasi Teboonline.com terkait keberadaan NGO FZS, mengatakan bahwa Lembaga tersebut tidak terdaftar dalam Kesbangpolinmas.

" Sudah kita cek, tidak ada dalam daftar kita NGO atau LSM FZS. Mungkin mereka belum mendaftarkan lembaganya ke kita," terang Hari.

Ditegaskan Hari, setiap organisasi maupun LSM yang beraktivitas di wilayah Kabupaten Tebo seharusnya terdaftar secara resmi pada Badan Kesbangpol Linmas. 

" Dasarnya kan sudah jelas tertuang pada UU nomor 17 tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 5 tahun 1986, serta Permendagri nomor 33 tahun 2012 tentang pedoman pendaftaran Ormas / LSM dilingkup Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah ( Pemda). Jadi Ormas maupun LSM harus daftar secara resmi ke Kesbangpol Linmas," ujarnya. (crew/peta)


sumber : besalenews.com

Related News