Harga Cabe Tembus Rp 100 Ribu Perkilo, Ibu Rumah Tanggapun Mengeluh


TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Sempat mencapai Rp 80 Ribu perkilo, Selasa (18/11) kemarin harga Cabe di pasar Tanjung Bungur Kecamatan Tebo Tengah, kembali naik menjadi Rp 100 Ribu perkilo. 

Hal itu tentu saja dikeluhkan pengunjung pasar terutama kaum ibu rumah tangga. Pasalnya, mereka kesulitan mengatur kebutuhan keluarga.

"Sebelumnya cuma Rp 30 Ribu perkilo, kemudian naik menjadi Rp 65 Ribu. Beberapa hari kemudian naik lagi keangka Rp 70 Ribu dan 80 Ribu. Sekarang menggila, perkilonya Rp 100 Ribu," keluh Iren, Ibu rumah tangga yang mengaku sulit mengatur keuangan rumah tangganya akibat harga Cabe mengila.

Menurut dia, bukan hanya harga Cabe saja yang naik, namun harga kebutuhan lain juga mulai mengikuti. "Pokoknya hampir semua harga kebutuhan naik saat ini. Tapi yang sangat terasa kenaikan harga Cabe. Biasanya hanya Rp 30 Ribu perkilo sekarang naik 300 persen lebih menjadi Rp 100 Ribu. Kita tahu sama tahu lah kalau makan tidak pakai Cabe, pasti kurang terasa," keluhnya lagi.

Keluhan yang sama juga dilontarkan para pemilik rumah makan. Seluruh pengusaha kecil dan pedagang kuliner terpaksa tak lagi mendapat untung nomal seperti biasa sejak harga Cabai naik sampai Rp 100 Ribu perkilo. 

 “Keuntungan menipis karena harga Cabe semakin mahal. Sedangkan Cabe adalah salah satu bahan pokok utama untuk memasak,” kata Hendra, salah seorang pemilik Rumah Makan Padang di Jalan Lintas Tebo Bungo.

Dijelaskannya, dia tidak mungkin menaikkan harga jual kulinernya. Sebab, jika harga dinaikkan maka pelanggan akan lari. Ia juga tidak bisa mengurangi porsi Cabe merah pada menu masakan yang dijualnya karena akan mengurangi citra rasa masakannya.

Oleh karena itu, kata Hendra, walaupun harga Cabe merah menggila, ia tetap membeli normal seperti biasanya. Porsi untuk kuliner yang dijual juga tidak bisa dikurangi. 

"Cabe merah itu yang paling penting. Memang bisa ditambah dengan Cabe rawit atau Merica, tapi citra masakan tidak enak. Untuk itu, saya berharap harga Cabe bisa normal kembali," pungkasnya berharap. (crew/besalenews.com) 

Related News