Garap PBB P2, Dispenda Tebo Optimis Penerimaan Naik


TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Sejak Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (P2) pengelolaannya diserahkan ke daerah, praktis Dispenda Tebo berupaya optimis dalam menaikan lagi penerimaan PAD.

“ Pelimpahan pengelolaan PBB sektor kota dan pedesaan, diharapkan bisa menaikan lagi pendapatan daerah. Ini kesempatan kita buat menggenjot penerimaan PAD tahun ini," terang Agung Purwo, Kabid Pendapatan dan Penagihan, Dispenda Tebo, kepada Teboonline.com.

Kini pihaknya terus berupaya meningkatkan penerimaan pendapatan daerah, salah satunya yang bersumber dari PBB P2 ini.

Menurut Agung, selama ini penerimaan PAD Kabupaten Tebo setiap tahunnya terus mengalami peningkatan yang signifikan. Dirinya membeberkan, jika pada tahun 2012 target PAD Kabupaten Tebo yakni Rp 24,9 Miliar dan tercapai Rp 26,9 Miliar, tahun 2013 target PAD Tebo Rp 27,6 Miliar dan tercapai Rp 39 Miliar dan pada tahun 2014 target PAD Rp 35 Miliar kini sudah mencapai 87 persen.

“ Terpenting yakni bagaimana mengoptimalkan objek pajak termasuk penagihan serta penyesuaian nilai pajak,” beber Agung.

Sejauh ini, untuk terus mengoptimalkan penerimaan pendapatan PBB P2, pihaknya terus mendata sumber PBB P2 baik yang berasal dari tanah maupun bangunan. Termasuk bangunan dalam lingkungan perkebunan dan pertambangan.

“ Semua akan dikenakan pajak termasuk bangunan yang ada dalam perusahaan termasuk yang punya kost atau rumah sewaan lebih sepuluh kamar lebih," tegasnya.

" Jika penerimaan disektor PBB P2 ini pengelolaannya lebih maksimal, mudah-mudahan sedikit banyak bisa mengenjot PAD kita. Karena target PAD kita tahun 2015 diperkirakan sekitar Rp 934 Miliar," tandasnya. (crew)

Related News