Camat Rimbo Bujang, Tegaskan Larangan Membangun Di Sempadan Jalan

H.SUPARNA SE
Camat Rimbo Bujang
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Camat Rimbo Bujang, menyampaikan instruksi Kepada masyarakat terkait larangan membangun di sempadan jalan, karena hal itu bertentangan dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tebo.

Diketahui, belakangan ini ditemui adanya warga yang nekat membangun di sempadan jalan disepanjang jalan Pahlawan Kelurahan Wirotho Agung. Instruksi Camat melalui surat bernomor 300/371/ Trantibum, tanggal 5 November 2014, tentang larangan membangun, yang ditanda tangani Sekcam Rimbo Bujang, ditujukan kepada masyarakat yang akan dan sudah membangun di zona larangan, yang ada disepanjang jalan Propinsi, jalan Kabupaten dan jalan Kecamatan di wilayah Rimbo Bujang.              

Berdasarkan Perda Kabupaten Tebo, nomor 16 tahun 2013 tentang sempadan jalan, pada BAB III menegaskan bahwa bangunan rumah gedung, pagar dan lainnya agar dapat tertata dan teratur, harus disesuaikan dengan garis sempadan jalan.

Termasuk orang pribadi atau badan hukum dilarang untuk mendirikan bangunan rumah/gedung pagar dan lainnya dalam garis sempadan jalan. Adapun jarak sempadan disepanjang jalan Perintis, Wirotho Agung, Rimbo Mulyo dan lainnya, untuk bangunan adalah 25,00 meter dan untuk pagar 11,00 meter dari as jalan.     

Camat Rimbo Bujang, Suparna, dikonfirmasi melalui Kasi Trantibum, Bambang Irwanto,  membenarkan bahwa membangun rumah atau gedung, pagar dan lainnya dilarang melanggar aturan sempadan jalan yang ditetapkan dalam Perda Kabupaten Tebo.

" Benar, Perda Kabupaten Tebo mengatur tentang larangan membangun  di sempadan jalan,” terang Bambang Irwanto, pada Teboonline.com, Selasa (11/11) .    

Ditambahkannya, seperti temuan yang ada, diperkuat laporan Lurah Wirotho Agung dengan surat bernomor 600/308/ Ekbang, tanggal 3 November 2014, perihal larangan membangun, adanya warga setempat  mendirikan bangunan di sempadan jalan Pahlawan simpang jalan K.H.A.Dahlan, Wirotho Agung.

" Berdasarkan temuan dan laporan Lurah Wiroho Agung, maka Camat Rimbo Bujang menegaskan dan memerintahkan agar warga tersebut segera menghentikan dan membongkar bangunannya di zona larangan sempadan jalan ," tandas Kasi Trantibum Bambang. (asa)            

Related News