368 Warga Desa Olak Kemang Rekam e-KTP


TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Sebanyak 386 warga desa Olak Kemang, Kecamatan Muara Tabir, Rabu (12/11), memperoleh pelayanan gratis pembuatan eKTP dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tebo. 

Bertempat di gedung SD 138/VII Olak Kemang, Kecamatan Muara Tabir, warga tampak antusias melakukan perekaman e-KTP.

Kepala Dinas Dukcapil, Lukman, melalui Kabid Data dan Kependudukan, Bekti Fery menuturkan, pelaksanaan rekam e-KTP ini dilakukan untuk mendata ulang kembali jumlah warga yang belum memiliki KTP. 

Perekaman ini juga dilakukan mengingat desa Olak Kemang merupakan desa pemekaran. Untuk itu biar lebih mempermudah pendataan warga di desa yang terbilang baru ini, pihaknya terpaksa harus jemput bola.

" Ya harus seperti ini eksen (Jemput bola_red). Selain memperoleh data terbaru, kita juga memberikan kemudahan dan pelayanan yang maksimal kepada warga," beber Fery.

Masih kata Fery, jika tidak segera dilakukan pendataan, dikuatirkan kebutuhan warga bakal terhambat. "Sekarang ini kalau ngurus apa-apa pasti harus punya KTP. Sedangkan warga di sini (Olak Kemang,red) kalau harus ke Tebo mungkin masih mikir. Makanya kami bersama tim turun langsung kelapangan," sebutnya lagi.

Fery bilang, target tahun 2014 ini, seluruh data warga yang ada di 12 Kecamatan, Kabupaten Tebo seluruhnya sudah memiliki KTP. Karena lanjut Fery untuk tahun 2015 mendatang, data base kependudukan warga di Kabupaten Tebo seluruhnya sudah tuntas. 

" Jadi tahun depan itu tidak ada lagi warga yang belum punya KTP," ucapnya.

Untuk lebih memudahkan lagi proses pendataan ulang, pihaknya telah dibantu perangkat desa diantaranya, Kades, Sekdes, Ketua RT dan perangkat pemuda lainnya.

Sementara itu, Kades Olak Kemang, M.Zain mengucapkan, rasa terima kasih yang dalam kepada Pemkab Tebo, dalam hal ini Dinas Dukcapil yang sudah mempermudah pembuatan KTP. dengan adanya pelayanan dan kemudahan dari Dukcapil, warga Olak Kemang kini sudah terbantukan. 

" Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dinas Dukcapil, karena telah memfasilitasi pembuatan KTP. Dengan adanya layanan ini, saya yakin warga Olak Kemang pasti tidak lagi kesulitan dalam hal pengurusan," bebernya.

Seperti diketahui untuk menuju lokasi desa Olak Kemang sendiri, jarak yang ditempuh lumayan jauh. Selain lokasinya paling Ujung, kondisi jalan selama perjalan hingga menuju lokasi kondisinya sangat rusak. Meski demikian persiapan Dinas Dukcapil mulai dari atribut perekaman, sampai pada proses pembuatan KTP berjalan lancar. (crew)

Related News