22 Tahun Desa Sungai Karang, Tak Tersentuh Listrik

ANTON
Kades Sungai Karang
TEBOONLINE.COM, VIIKOTOILIR - Sungguh ironis dan memprihatinkan, sudah 22 tahun berdiri Desa Sungai Karang Kecamatan VII Koto Ilir, belum juga mendapat aliran listrik PLN. Desa Sungai karang ini berpenduduk tak kurang dari 400 kepala keluarga (KK) dan 1500 jiwa.

Infrastruktur yang ada seperti jalan utama sudah mengalami pengerasan dan sarana pendidikan seperti SD, SMP, SMK sudah ada, dan mata pencaharian masyarakat pada umumnya mengandalkan dari hasil perkebunan karet.

Kendati infrastruktur sudah cukup lumayan di Desa Sungai Karang, namun penerangan listrik PLN yang di dambakan oleh masyarakat setempat sampai saat sekarang ini tak kunjung terealisasi.

" Benar, Desa Sungai Karang sudah 22 tahun belum ada masuk listrik PLN,saat sekarang ini sebagian warga yang mampu menggunakan penerangan lampu dengan listrik diesel pada malam hari. Sedangkan sebagian besar warga menggunakan penerangan dengan lampu togok atau lampu minyak tanah," papar Anton, Kades Sungai Karang pada Teboonline.com, Senin (10/11).           

Kebutuhan listrik PLN, imbuh Kades Anton, untuk Desa Sungai Karang setiap tahunnya sudah sering diusulkan melalui Musrenbang di Kecamatan, realitanya sampai saat sekarang ini belum ada realisasinya.

Padahal, masyarakat sangat memerlukan kehadiran listrik PLN tersebut, dalam rangka untuk penerangan dan untuk menunjang peningkatan usaha masyarakat yang menggunakan tenaga listrik, seperti membuat es, bengkel dan usaha lainnya.

" Kebanyakan anak - anak belajar di rumah atau mengaji pada malam hari menggunakan penerangan lampu togok," ujar Kades Anton.                         

Lanjutnya, alasan Pemerintah belum dapat menyalurkan listrik PLN ke Desa Sungai Karang, dikarenakan untuk menyambung aliran listrik dari Desa Paseban atau Desa Balai Rajo, jaraknya berkisar belasan Kilo Meter menuju ke Desa Sungai Karang. Dan diketahui Desa Sungai Karang terletak di kawasan hutan produktif, yakni kawasan PT Wana Mukti VII Koto Ilir.

" Kami berharap kepada Bapak Bupati Tebo, supaya dapat mewujudkan impian kami, untuk segera merealisasikan Listrik PLN masuk ke Desa Sungai Karang," pungkasnya. (pri)               



                                      

Related News