10 Desa Di Kabupaten Tebo Bakal Dimekarkan


TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Dipastikan, tahun 2015 mendatang sedikitnya ada 10 desa di Kabupaten Tebo yang bakal dimekarkan. 10 desa tersebut, proses pemberkasannya sudah masuk ke kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PMPD) Kabupaten Tebo.

" Proses pemberkasannya sudah kita terima. Tinggal lagi kita ajukan ke Provinsi, apakah 10 desa tersebut disetujui apa tidak. Jika nanti disetujui barulah nanti diteruskan ke pusat untuk mendapatkan nomor  registrasi desa yang baru," terang Ansori, Kabid Pemdes, Kantor PMPD Tebo, kepada Teboonline.com.

Disebutkan dia, berdasarkan UU no 6 tahun 2014 tentang pemekaran desa, 10 desa yang bakal dimekarkan tersebut sudah masuk kriteria desa pemekaran. 10 desa yang dimaksud tersebut adalah di Kecamatan Rimbo Bujang terdiri 1 Kelurahan Wiroto Agung dan 2 Desa yakni Desa perintis dan Desa Tirta kencana, lalu Desa Tegal Arum dan Desa Purwoharjo sebagian wilayahnya dilepas lalu digabung untuk dijadikan satu desa baru.

Kemudian masih kata Ansori, untuk wilayah Kecamatan Rimbo lainnya ada Desa Rimbo Mulya dan Desa Sapta Mulya yang masuk desa pemekaran, lalu di wilayah Rimbo Ulu ada Desa Wana Reja, Desa Sumber Sari dan Desa Sido Rukun. Satu desa lagi kata dia, di wilayah Kec Tengah Ilir, yakni Desa Lubuk Mandarsah itu sudah diajukan untuk proses pemekaran.

" Ke sepuluh desa tersebut sudah memenuhi kriteria wajib pemekaran yakni sudah memiliki 800 KK dan 4000 jiwa penduduk untuk yang berada di Sumatera," sebutnya.

Untuk merealisasikan pemekaran desa induk ke desa baru diakui Ansori, memang perlu proses yang panjang. Diantaranya adalah, proses verifikasi, pembuatan peta, lalu dilanjutkan dengan proses penetapan Perda.

Sedangkan untuk perubahan status desa baru nantinya disebut dengan desa persiapan. "Untuk perangkat desanya maksimal 3 tahun dulu menjalani pemerintahan desa persiapan. Selanjutnya nanti baru bisa naik statusnya menjadi desa defenitif," katanya lagi.

Ditambahkan Ansori, terakhir Kabupaten Tebo melakukan pemekaran desa pada tahun 2012. Selanjutnya pemekaran dimoratoruium dengan alasan adanya pesta demokrasi. Tahun 2012 lalu sedikitnya ada 6 desa yang melakukan pemekaran. 

Diantaranya 5 desa di Tebo Ulu yakni Desa pulau Jelmu, Desa Medan Sri Rambahan, Desa Teluk Pandan, Desa Ulak Banjir Rambahan, dan Desa Jambu sisanya lagi di Muara Tabir yakni Desa Olak Kemang pemekaran dari Desa Tambun Arang.

Untuk saat ini, jumlah desa yang ada di wilayah Kabupaten Tebo sebanyak 107 desa.  Jumlah desa ini belum termasuk dengan rencana 10 desa yang bakal dimekarkan besok. "Untuk Kecamatan yang paling banyak desanya yakni di Kecamatan Tebo Ulu, itu ada 16 desa dan 1 keluharan yakni Pulau Temiang," tuntasnya. (crew)

Related News