Warga Rimbo Bujang Bingung Buat Kartu Perlingungan Sosial

Kartu Perlindungan Sosial
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG – Masyarakat Kecamatan Rimbo Bujang merasa bingung terhadap Kartu Perlingungan Sosial (KPS) dimana KPS ini merupakan kartu yang diterbitkan Pemerintah sebagai penanda rumah tangga miskin. Kebingungannya adalah tentang tata cara dan tempat pembuatannya.

Seperti yang dituturkan oleh Darmo, dikatakan warga Rimbo Bujang ini, dirinya sudah pernah bertanya ke kantor Lurah Wirotho Agung tentang bagaimana cara mendapatkan KPS tersebut. Namun, pihak Kantor Lurah sendiri malah bingung dan baru tahu tentang KPS tersebut dari dirinya.

“ Kami ini bingung mau kemana bertanya tentang cara pembuatan KPS dan kemana mendaftarnya, Kantor Lurah sendiri tidak tahu apa itu KPS sewaktu saya minta petunjuk,” ujar Darmo mengaku kepada Koran ini, Senin (6/10).

KPS ini lanjut Darmo, sangat dibutuhkan sekali oleh warga. Pasalnya, KPS ini dijadikan sebagai salah satu syarat untuk mengambil dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) oleh siswa di Sekolah.

“ Anak saya dapat BSM di Sekolah, tapi untuk mengambilnya harus pakai KPS, sementara mayoritas siswa di Rimbo Bujang belum punya KPS, ya jadi BSM belum bisa diambil sebelum ada KPS,” keluh warga ini lagi.

Sementara itu, Lurah Wirotho Agung, Soedjarijo melalui Kasi Pemerintahan, Amir Said saat dikonfirmasi terkait hal itu juga membenarkan bahwa pihak Kelurahan Wirotho Agung juga belum tahu tentang Kartu Perlindungan Sosial tersebut.

“Pihak Kelurahan juga belum tahu tentang KPS itu, persoalannya, Instansi yang menerbitkan KPS itu belum pernah sosialisasi ke pihak Kelurahan,” pungkas Amir.

Namun, Amir berharap kepada Instansi yang menerbitkan KPS tersebut untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat langsung maupun pemberitahuan kepada Pemerintahan paling bawah agar Pemerintahan paling bawah dapat menginformasikan kepada masyarakat tentang bagaimana cara mendaftar agar warga mendapatkan KPS tersebut.

Mengingat, banyak masukan dari masyaraakt tentang KPS itu yang manfaatnya sangat besar bagi Orang tua yang memiliki anak masih pelajar dan akan mendapatkan BSM. (rto) 

Related News