Polres Tebo, Gelar Sosialisasi Penegakan Hukum Dan Pemberantasan Perusakan Hutan

Hutan di Kabupaten Tebo yang habis dirambah
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG – Polres Tebo, menggelar Sosialisasi tentang upaya penegakan hukum, pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan, bertempat di Aula Kantor Camat Rimbo Bujang (29/10).

Sosialisasi tersebut, dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Tebo dan dihadiri Kapolsek Rimbo Bujang, Lurah, Kades, Kadus, Ketua RW dalam wilayah Kecamatan Rimbo Bujang dan Kecamatan Rimbo Ulu.                                    

Sebagai pembicara, Kasat Reskrim Polres Tebo, AKP R.J.M Hutagaol. Dalam sambutannya, ia menyampaikan materi sosialisasi terkait UU No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara RI,  UU RI No 41 tahun 1999 tentang Kehutanan dan UU RI No 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan.

" Banyaknya kasus penyalahgunaan status tanah, seperti tanah milik negara dan lainnya diklaim milik pribadi dijual belikan berkali - kali, sehingga merugikan sipembeli dan akhirnya timbul kasus dan masuk ke ranah hukum," terang Kasat Reskrim. 

Dikatakannya, masalah kebakaran hutan yang dipicu oleh orang - orang yang sengaja membakar hutan untuk perkebunan, itu merupakan bagian kasus terjadinya kebakaran hutan di Kabupaten Tebo.

Belum lagi kebakaran hutan dan kebun karet yang dipicu akibat adanya seseorang yang membuang benda pemicu kebakaran seperti puntung rokok dan lainnya di sembarangan  tempat.

" Untuk itu, diminta masyarakat, jangan membakar hutan sembarangan dan membuang sesuka hatinya benda pemicu api, yang dapat menimbulkan kebakaran besar yang berimbas timbulnya asap tebal yang menggangu semua kehidupan seperti yang terjadi selama ini, " ujar Kasat.                           

Masih menurut Kasat Reskrim, meracun ikan disungai dengan menggunakan Insektisida dan sejenisnya, juga kegiatan Peti yang bisa mencemari lingkungan dilarang oleh Undang - Undang yang ada dan ada sanksinya bagi pelakunya.

" Diharapkan warga harus pro aktif terkait keselamatan lingkungan, baik masalah kebakaran hutan, meracun ikan di sungai, Peti dan lainnya, yang dapat mencemari lingkungan. Apabila warga ada menemukan pelaku tindak pidana tersebut, segera laporkan ke penegak hokum, " tandas Kasat Reskrim.           

Kapolsek Rimbo Bujang, AKP Feby Haryanto mengatakan, pihaknya berharap kepada peserta Sosialisasi, agar menyebar luaskan kepada masyarakat tentang UU  Lingkungan hidup, UU Kehutanan, UU Pertanahan, Larangan Usaha Peti, larangan meracun ikan dan lainnya.

" Nanti, poto cofy tentang Undang - Undang dan Peraturan, terkait yang disosialisasikan akan kita sampaikan kepada Camat atau Lurah dan Kades," ujar Kapolsek AKP Feby Harianto. (asa)    

        

Related News