Oknum Pegawai Disbun Tebo Diduga Lakukan Pungli, Terima Rp 3,5 Juta Dari Petani

TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Memberikan segepok uang sebagi tanda rasa terima kasih seakan sudah menjadi budaya ditengah masyarakat,seperti yang dilakukan oleh Kelompok Tani Sumber Urip, Jalan Serdang desa Wanareja, Kecamatan
Rimbo Ulu.

Ketua kelompok tani mengaku memberikan uang sebesar Rp 3,5 Juta kepada pegawai Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Tebo sebagai rasa terimakasih karena telah mendapatkan bantuan benih karet untuk peremajaan dari dinas perkebunan provinsi Jambi melalui Dinas perkebunan Kabupaten Tebo.

Mirisnya, ternyata uang yang diberikan kepada orang yang mengaku dari Dinas Perkebunan Tebo yang bernama Didit dan Mas No tersebut berasal dari hasil iuran para anggota kelompok tani sebesar Rp 200.000/anggota.

“Mereka memang secara langsung tidak meminta, namun uang sebanyak Rp 3,5 Juta itu sebagai tanda rasa terima kasih kami kepada Pegawai Dinas Perkebunan Tebo yang datang langsung ke rumah, sisa uang iuran untuk biaya oprasional serta biaya pembuatan Proposal,” ujar Asminto Ketua Kelompok Tani Sumber Urip kepada Teboonline.com, Minggu (12/10).

Dijelaskanya lagi, kelompok Tani Sumber Urip beranggotakan 46 kk, dengan rincian dalam 1 hektar setiap anggota mendapatkan 500 batang karet ditambah pupuk Sulfur Belerang 50 kg, MPK 120 KG.

“Setiap anggota mendapatkan 500 batang bibit karet/hektar ditambah pupuk Sulfur Belerang 50 kg serta pupuk MPK 120 kg,” ungkapnya.

Lanjutnya, semula, dalam proposal yang diajukan oleh kelompok Tani Sumber Urip ke Dinas Perkebunan sebanyak 68 anggota namun hanya direalisasikan 46.

“Yang kita ajukan 68 anggota namun terealisasi 46,” tukasnya.

Dari pantauan Teboonline.com dilapangan, bibit karet yang diterima oleh Kelompok Tani Sumber Urip ternyata didatangkan dari kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun, Seperti yang tertera dalam Label yang masih menempel dibatang karet tersebut. (bud)

Related News