Thursday, October 23, 2014


TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Banyaknya bangunan liar yang didirikan oleh warga diatas tanah Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tebo khususnya di Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang, membuat Lurah Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang menjadi gerah.

Pasalnya, pihak Kelurahan sudah sering mengultimatum dan menghimbau kepada warga tentang larangan mendirikan bangunan diatas tanah milik Pemda, bahkan pihak kelurahan sudah banyak memasang plang tanda larangan mendirikan bangunan dilokasi tanah negara. Namun, masih ada juga warga yang nekat membangun ditempat yang dilarang oleh Pemerintah.

Berdasarkan pemantauan dan pengecekkan dilapangan, ditemui adanya warga yang mendirikan bangunan diatas tanah Pemda Tebo (Dibahu jalan Poros_red), yang mengakibatkan tertutupnya pandangan pengguna jalan, yang berpotensi terjadinya kecelakaan lalulintas (lakalantas).

Terkait adanya bangunan liar tersebut, Lurah Wirotho Agung Soedjarijo mengintruksikan melalui surat bernomor 600/270/Ekbang, tanggal 23 Oktober 2014, dengan tembusan Camat, Kapolsek dan Danramil Rimbo Bujang, tentang larangan membangun diatas tanah Pemda, yang ditujukan kepada Sucipto warga setempat, untuk segera membongkar bangunan yang didirikannya diatas tanah Pemda, yang berlokasi dipersimpangan (Bahu jalan -red) jalan KH A.Dahlan atau jalan 7, RT 01 RW 08 Wirotho Agung.

" Benar, Lurah Wirotho  Agung sudah melayangkan surat kepada Sucipto, dan inti surat tersebut yang bersangkutan segera membongkar sendiri bangunannya, " jelas Amir Said. Kasi Pemerintahan Kantor Lurah Wirotho Agung, didampingi Petugas Trantib Syargawi, pada Teboonline.com, Kamis (23/10).

Sebenarnya, Lurah sudah memberi toleransi, imbuh Amir Said, dengan tenggang waktu Sucipto untuk membongkar sendiri bangunannya secara penuh kesadaran. Dikhawatirkan, apabila bangunan dibahu jalan yang didirikan Sucipto tidak segera dibongkar, akan rawan terjadinya Lakalantas bagi pengendara kendaraan.

" Diharapkan kesadarannya, Sucipto segera membongkar bangunannya, dengan catatan pihak Pemerintahan Kelurahan Wirotho Agung akan terus memantau, mengawasi dan memonitoring terus terkait bangunan liar diatas tanah Pemda yang ada di wilayah Wirotho Agung,"  pungkasnya. (rto)