KPMD-PTT Kabupaten Tebo Sudah Terbitkan 1951 Izin



SUHUD S.Ip M.Si
Kepala KPMD-PTT Tebo
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Kantor Penanaman Modal Daerah (KPMD) dan Pelayanan Perizinan Terpadu (PTT) Kabupaten Tebo terhitung mulai Januari hingga September 2014 telah menerbitkan 1951 izin. Izin tersebut semuanya berasal dari penerbitan izin baru dan perpanjangan izin.

" Yang paling banyak adalah perpanjangan izin. Sisanya pembuatan izin baru," ujar Iriyadi, Kasi Informasi, KPMD-PTT Tebo, kepada Teboonline.com, Rabu (29/10).

Iriyadi mengatakan, proses pembuatan izin masih sama seperti yang sudah-sudah. Terlebih pembuatan izin baik perpanjangan maupun baru tidak dikenai biaya alias gratis. Hanya saja Iriyadi menyebutkan, khusus Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Gangguan (HO) dan Izin Trayek yang dikenai biaya.

"Ketiga izin ini biayanya berbeda, disesuaikan dengan luas lahan, adanya gangguan dari luar dan letak wilayah serta tingkat gangguan," bebernya.

Lanjut Iriyadi, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya penerbitan izin tahun 2014 ini masih rendah. Tahun 2013 lalu total izin yang diterbitkan oleh KPMD-PTT Tebo mencapai 3300 izin.

"Kalau hingga akhir 2014 prediksi kita hanya mencapai 2000 izin. Jika itu terealisasi jelas ada penurunan sekitar 30 persen untuk penerbitan izin," terangnya.

Sementara itu, untuk jenis izin yang paling banyak diterbitkan oleh KPMD-PTT tahun ini adalah SITU sebanyak 408 izin, diikuti kemudian untuk izin HO sebanyak 389 izin dan izin Tanda Daftar Perusahaan (TDP) sebanyak 368 izin.

"Sedangkan untuk Izin Usaha di biang Perdagangan (SIUP) jumlahnya hanya 358 izin," sebutnya.

Ditmbahkan Iriyadi, turunnya penerbitan izin tahun ini adalah, diakibatkan oleh berkurangnya izin di sektor perhubungan (Angkutan barang_red), pasalnya sejak Maret 2014 penerbitan izin untuk angkutan barang sudah dikembalikan ke dinas perhubungan.

Berdasarkan data dari KPMD-PTT Tebo izin angkutan barang pada bulan Januari ada 95 izin, dan pada bulan Februari ada 91 izin, totalnya ada 186 izin angkutan barang.

"Kalau tahun kemarin (2013,red) izin angkutan barang yang kita terbitkan jumlahnya mencapai 1095 ijin. Sekarang pos izin angkutan barang tidak ada lagi. Bisa jadi ini salah satu penyebabnya juga," tandasnya. (crew)

Related News