Kadar Kekeruhan Air Baku PDAM Tirta Muaro Capai 200 TU

BUDI IRAWAN
Direktur PDAM Tirta Muaro
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Tingginya kadar
kekeruhan air Sungai Batanghari, membuat pihak PDAM Tirta Muaro Kabupaten Tebo harus mengeluarkan biaya lebih untuk mengelolah air baku tersebut agar menjadi air bersih dan layak pakai. Hal itu diungkapkan oleh Budi Irawan, S.sos Direktur PDAM Kabupaten Tebo.

Dijelaskannya, saat ini kadar kekeruhan air sungai Batanghari yang digunakan sebagai sumber utama air PDAM sekitar 200 Turbidity Unit (TU).

Tingginya angka tersebut, membuat pihak PDAM harus berupaya keras mengelolah air tersebut agar menjadi air bersih.

”Kadar kekeruhan tinggi diatas 200 TU. Jadi untuk mengelolanya agar menjadi bersih, terpaksa kita menggunakan banyak bahan kimia. Dengan begitu, otomatis biaya operasionalnya tinggi,” ujar Budi saat dikonfirmasi Teboonline.com, Kamis (9/10).

Ada beberapa factor yang menyebabkan tingkat kadar kekeruhan air tinggi. Diantaranya adalah aktifitas dompeng dan jauhnya jarak air baku ke mesih pengelolahan air PDAM.

“Jika Dompeng pasir atau Dompeng batu, pengaruhnya tidak begitu besar. Yang menjadi persoalan adalah Dompeng emas, karena para pendompeng menggunakan Mercury untuk memisahkan emas hasil Dompeng. Nah, untuk menyaring Mercury ini harus dengan penyaringan berat yang tentunya membutuhkan banyak bahan kimia,” jelasnya lagi.

Ketika ditanya Teboonline.com apakah tingginya angka kadar kekeruhan air baku mempengaruhi pelayanan kepada pelanggan, Budi mengatakan, bahwa hanya biaya operasional saja yang tinggi. Tapi jika bianyanya semangkin tinggi bisa jadi pelayanan akan terganggu.

“Yang jelas, selama ini pelayanan tergantung dari PLN. Jika arus listrik stabil, penyaluran air kerumah-rumah konsumen akan lancar, tapi jika arus listrik tidak stabil penyaluran air akan
terhambat,” tutur Budi.

Untuk meringankan biaya operasional, Budi menghimbau kepada para pelanggan PDAM agar melakukan pembayaran tagihan PDAM tepat pada waktu yang sudah ditentukan. Sebab, operasional PDAM tergantung dari pembayaran tagihan pelanggan. (peta)

Related News