Dua Perusahaan Tambang Di Kabupaten Tebo Pinjam Pakai Kawasan HP

Ilustrasi
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Dua perusahaan besar di Kabupaten Tebo yang bergerak disektor tambang statusnya kini berada didalam kawasan Hutan Produksi (HP). Kedua perusahaan tambang tersebut baru beroperasi dalam dua tahun terakhir ini. 

" Izin operasinya adalah pinjam pakai kawasan. Izin ini bukan kita yang mengeluarkan, tapi pusat (Kemenhut, red)," ujar Joko Sutrisno, Kabid Penataan Kawasan, saat dikonfirmasi Teboonline.com, Selasa (21/10).

Joko menceritakan, jika kawasan HP yang izin operasinya digunakan oleh perusahaan tambang lokasinya berada di Kecamatan Tengah Ilir dan Kecamatan Sumay. "Untuk yang di Tengah Ilir di pakai oleh PT Mondor yang bergerak di sektor Migas. Kawasan yang digunakan seluas 19 hektar, berada diatas kawasan HP," bebernya meyakini.

Kemudian lanjut Joko, di Kecamatan Sumay ada PT Dwigita perusahaan tambang Batubara. Luas kawasan yang dipakai mencapai 127 hektar, dan mulai beroperasi pada tahun 2012 lalu.

" Untuk izin pinjam pakainya saya tidak tahu sampai kapan. Biasanya dikeluarkan secara bertahap, mulai dari 5 tahun sampai seterusnya," ujarnya.

Terpisah Hendriyanto, Kabid Tambang Dinas ESDM Tebo, ketika dikonfirmasi Teboonline.com menuturkan, sedikitnya ada 20 Izin Usaha Tambang (IUP) yang izin operasinya berada didalam kawasan hutan. Namun Hendri tidak mengetahui persis, status kawasan hutan tersebut apa. 

Karena menurut penuturannya, separuh IUP yang dikeluarkan oleh ESDM Kabupaten Tebo berada di dalam kawasan hutan. "Total IUP yang ada di Tebo ini jumlahnya ada 41 IUP. Diantaranya ada 20 perusahaan izin operasi dan 21 perusahaan izinnya masih eksplorasi," bebernya.

" Nah sekitar 20 perusahaan itu lokasi tambangnya berada didalam kawasan hutan," timpalnya.

Berdasarkan data yang dirangkum oleh Dinas Kehutanan Kabupaten Tebo, total kawasan HP yang ada di Kabupaten Tebo seluruhnya berjumlah 280 Ribu Hektar lebih. Selain dipakai sebagai pinjam pakai oleh perusahaan tambang, tenyata kawasan HP di Tebo sudah banyak yang tergerus oleh aktifitas perambah. (crew)

Related News