Dishut Tebo, Siap Salurkan Benih Lebah Dan Bibit Tanaman Keras

TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten Tebo, siap menyalurkan benih Lebah dan bibit tanaman keras kepada kelompok tani atau kelompok masyarakat yang ada di Kecamatan Rimbo Bujang.

Hal tersebut, terungkap pada gelar sosialisasi oleh Dishut Tebo baru - baru ini, bertempat di Aula Kantor Camat Rimbo Bujang. Dihadiri oleh Dishut Tebo, Sekcam Rimbo Bujang, Kepala BPP Rimbo Bujang, Lurah, Kades dan masyarakat.                   

Pada gelar sosialisasi ini, pihak Dishut Tebo memaparkan keberadaan benih lebah dan bibit tanaman keras, yang bisa didapatkan dan dimanfaatkan untuk kelompok tani dan kelompok masyarakat.

" Pada prinsipnya, pihak Dishut Tebo siap menyalurkan bantuan bibit tanaman keras dan benih lebah kepada masyarakat," ungkap Bambang, Kabid Bina Program Dishut Tebo, pada saat sosialisasi. 

Dikatakannya, bibit tanaman keras, seperti pohon Mahoni, Jambon dan karet bisa untuk tanaman perkebunan dan tanaman lindung atau penghijauan. Dan benih lebah yang dapat dibudidayakan. Bibit tanaman keras dan benih lebah tersebut bisa didapatkan oleh masyarakat, melalui usulan kelompok tani, kelompok masyarakat atau perseorangan.

" Kelompok tani dan kelompok masyarakat bisa mengusulkan bibit tanaman keras dan benih lebah ke Dishut Tebo," ujar Bambang. 

Ditambahkannya, bibit tanaman keras yang dibutuhkan oleh kelompok tani atau kelompok masyarakat, yakni lahan untuk perkebunan minimal seluas 25 Ha. Sedangkan tanaman keras yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk tanaman lindung dua sampai lima batang bisa diusulkan melalui Kades atau Lurah.

Untuk benih lebah diusulkan melalui Kelompok tani atau kelompok masyarakat. "Dipersilahkan kelompok tani, kelompok masyarakat, Lurah dan Kades  mengusulkan bibit tanaman keras dan benih lebah kepada pihak Dishut Tebo, Insya Allah akan kita realisasikan pada tahun 2014 ini," tandas Bambang.                        

Camat Rimbo Bujang, H.Suparna, dikonfirmasi melalui Kasi Perekonomian Sugiyarto menyebutkan, bahwa bibit pohon karet, Jambon dan Mahoni selain untuk tanaman perkebunan bisa untuk penghijauan atau tanaman lindung. 

Sedangkan lebah atau tawon selain mudah dibudidayakan dan prospek hasil madunya  untuk menambah penghasilan ekonomi keluarga. " Mumpung, Dishut Tebo saat ini sedang ada pengadaan bibit tanaman keras dan benih tawon, masyarakat dapat manfaatkan momen tersebut untuk mendapatkannya di Dishut Tebo," Ujar Kasi Perekonomian Sugiyarto, pada Teboonline.com, Jumat (24/10). (asa)                            
      
  


   

Related News