Tuesday, October 21, 2014

Salah satu Klinik yang beroperasi di Rimbo Bujang
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Menjamurnya Klinik kesehatan dan pengobatan alternative yang ada di Kecamatan Rimbo  belum melengkapi izin operasional. Bahkan, sejumlah pengobatan alternative tidak memiliki izin dari dinas terkait.

Tidak hanya persoalan izin operasional saja, diduga juga sejumlah klinik tersebut tidak memiliki standar pengolahan limbah medis yang berbahaya bagi masyarakat. Pasalnya, klinik tersebut berada ditengah-tengah pemukiman warga.

Kadis Kesehatan Tebo, Ridwan, saat dikonfirmasi koran ini mengatakan pihaknya tidak mengetahui persis syarat kelengkapan izin operasional sejumlah klinik yang ada di Kecamatan Rimbo Bujang.

“ Kita tidak mengetahui secara persis apakah klinik yang ada di Kecamatan Rimbo Bujang sudah melengkapi syarat operasional klinik apa belum,” ungkapnya.

Namun, menurut Ridwan Lagi, jika sebuah Klinik sudah beroperasi tentunya klinik tersebut sudah memiliki izin untuk melakukan kegiatan medis.

“ Tentunya, jika klinik tersebut sudah beroperasi pastinya sudah memiliki kelengkapan izin operasionalnya,” tukasnya.

Sementara itu, terkait pengelolaan limbah medis yang berbahaya bagi masyarakat, Juwandi, dari Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Tebo mengatakan pada prinsipnya, pihaknya terus melakukan himbauan kepada pengelola klinik agar memiliki tempat penampungan dan pengolahan limbah medis sesuai dengan standar yang ditetapkan.

“ Kita terus melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan untuk melakukan himbauan kepada seluruh pengelola klinik yang ada di Kabupaten Tebo mengenai standar pengelolaan dan tempat penampungan limbah tersebut harus sesuai standar yang telah ditetapkan,” pungkasnya. (santos)