Di Rimbo Bujang, Tempat Pemakaman Umum Keluar SPPT PBB

TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG – Tak henti – hentinya carut marut tentang data Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kecamatan Rimbo Bujang terus terdengar. Baik itu adanya data ganda wajib pajak maupun wajib pajak yang tidak ada objek pajaknya.

Mirisnya lagi, di Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang, terdapat tanah tempat Pemakaman Umum (TPU) masuk dalam daftar SPPT PBB dan diperkirakan ada sekitar 5 SPPT. Tentunya, itu dapat menambah jumlah tunggakan PBB. Karena, dengan siapa SPPT PBB akan diberikan.

“ Ada sekitar 5 SPPT PBB atas nama Kuburan (TPU_red) di Wirotho Agung, kemana mau nagihnya,” terang Lurah Wirotho Agung, Soedjaridjo kepada Teboonline.com, Senin (20/10).

Padahal lanjutnya, terjadinya data tumpang tindih SPPT PBB Kelurahan Wirotho Agung dalam setiap tahunnya terus dilakukan pengajuan perbaikan. Namun, SPPT PBB yang keluar dalam setiap tahunnya, tetap yang lama dimana data perbaikan yang diajukan tersebut tidak keluar.

“ Data SPPT PBB masih yang lama, sementara data PBB yang tumpang tindih yang diajukan untuk perbaikan tidak pernah keluar, itu yang buat kita pusing,” tegas Lurah lagi.

Sementara itu, Sugiyarto, mantan Lurah Wirotho Agung menambahkan, bahwa pendataan untuk data SPPT PBB di Kelurahan Wirotho Agung dilakukan pada tahun 1997. Data yang digunakan dalam SPPT PBB sekarang ini adalah data berdasarkan pendataan tahun 1997 tersebut.

“ PBB yang dipakai sekarang ini adalah data hasil pendataan pada tahun 1997 yang lalu, mungkin untuk keakuratannya pada kondisi sekarang ini, data tersebut memang sudah layak untuk dilakukan pendataan lagi,” pungkas Sugiyarto, yang saat ini menjabat salah satu Kasi di Kantor Camat Rimbo Bujang. (asa) 

Related News