30 % Pelanggan PDAM Tirta Muaro Menunggak

BUDI IRAWAN
Kepala PDAM Tirta Muaro
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Direktur PDAM Tirta Muaro Kabupaten Tebo, Budi Irawan, S.Sos, mengungkapkan bahwa sekitar 30 persen pelanggan air bersih PDAM Tebo, nunggak pembayaran. Diperkirakan, jumlah tunggakan tersebut mencapai Rp 50 juta.

"Tunggakannya rata-rata 2 bulan sampai 3 bulan. Jumlahnya sekitar 900 sampai 1.000 pelanggan. Total sekitar Rp 50 juta," terang Budi sewaktu dikonfirmasi Teboonline.com, beberapa waktu yang lalu.

Budi mengakui, untuk menyelesaikan sejumlah tunggakan tersebut, pihaknya sudah melakukan penyelesaian secara persuasif dengan mendatangi langsung kerumah-rumah pelanggan yang menunggak. Setelah itu, kata dia, para pelanggan yang menunggak diberi peringatan atau surat pemberitahuan agar segera membayar tunggakannya.

"Sudah kita sosialisasikan, kita ingatkan. tapi, jika tetap juga tidak diindahkan, baru kita  lakukan aksi atau tindakan," tuturnya.

Namun, lanjut Budi, bagi pelanggan yang sudah menunggak lebih dari 3 bulan, langsung ditindak tegas dengan cara memutus pelanggan. 

"Untuk pelanggan yang menunggak dibawah tiga bulan, akan diingatkan. Tapi jika peringatan kita tidak diindahkan dan tunggakannya lebih dari tiga bulan, akan langsung kita putus. Yang jelas, kita usahakan untuk menyelesaikan tunggakan itu secara persuasif," tukasnya.

Untuk itu, Budi mengingatkan kembali kepada para pelanggan PDAM wilayah Kabupaten Tebo, agar segera menyelesaikan tunggakannya, agar pelayanan PDAM bisa lebih maksimal. Pasalnya, operasional PDAM sangat tergantung dari pembayaran para pelanggan.

"Jangan sampai setelah dilakukan pemutusan, baru pelanggan pada sibuk. Kita inginkan semua tertib, pelanggan tetap bisa menikmati air bersi dan kita tetap bisa beroperasi," pungkasnya. (peta)

Related News