Warga Rimbo Bujang Kaget Ada Traffic Ligh

Traffic Light di Wirotho Agung yang dipasang didepan jalan Sultan Thaha
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Lampu lalu lintas menurut UU No. 22/2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan adalah alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) dan lampu yang mengendalikan arus lalu lintas yang terpasang di persimpangan jalan, tempat penyeberangan pejalan kaki atau zebra cross, dan tempat arus lalu lintas lainnya.

Lampu ini yang menandakan kapan kendaraan harus berjalan dan berhenti secara bergantian dari berbagai arah. Pengaturan lalu lintas di persimpangan jalan dimaksudkan untuk mengatur pergerakan kendaraan pada masing-masing kelompok pergerakan kendaraan agar dapat bergerak secara bergantian sehingga tidak saling mengganggu antar-arus yang ada.                

Diketahui, Lampu lalu lintas yang menggunakan warna diakui secara universal, untuk menandakan berhenti adalah warna merah, hati-hati yang ditandai dengan warna kuning, dan hijau yang berarti dapat berjalan.

Terkait pemasangan traffic ligh atau lampu pengatur arus lalulintas oleh pihak Dishub Kominfo Kabupaten Tebo baru - baru ini di persimpangan jalan Sultan Taha - jalan Pahlawan Kelurahan Wirotho Agung, belum di patuhi oleh pengguna jalan, baik pengemudi kendaraan roda dua maupun roda empat.

Pasalnya, sejak difungsikan traffic ligh tersebut masih banyak ditemui pengguna jalan yang menerobos pada  saat lampu merah. Menurut Amir Said, tokoh masyarakat, yang juga Kasi Pemerintahan Kantor Lurah Wiroto Agung, para pengguna jalan (sopir kendaraan - red), masih banyak yang menerobos lampu merah.

Menurutnya, dipasangnya traffic ligh masih baru, sehingga pemakai jalan belum terbiasa disiplin dengan rambu lalulintas tersebut. " Warga Rimbo Bujang kaget dengan adanya traffic ligh. Untuk itu, kita minta pihak terkait segera mensosialisasikan berfungsinya lampu pengatur lalulintas yang ada di Wirotho Agung." ungkapnya.                      

Sementara itu, Camat Rimbo Bujang, melalui Sekcam Ratno Suwandi,SPt meminta supaya pihak Dishub Kominfo Tebo dan Instansi terkait, mensosialisasikan di operasikannya traffic ligh di Wirotho Agung. " Kita minta, petugas Dishub Kominfo supaya bertugas di traffic ligh selama beberapa hari untuk uji petik dan sosialisasi   traffik ligh kepada pengguna jalan langsung di lapangan. Dengan tujuan pengguna jalan patuh terhadap rambu lalulintas tersebut, " tegas Sekcam.    


Kepala UPTD Terminal Wirotho Agung Suwandi, dikonfirmasi mengatakan, pihaknya merespon positif permintaan Camat Rimbo Bujang terkait sosialisasi difungsikannya traffic ligh di Wiroto Agung. " Pada prinsipnya, pihak Dishub menanggapi positif permintaan Camat tentang traffic ligh, dan saya akan menugaskan dua personil LLAJ di lokasi tersebut, mulai hari Selasa (2/9), selama tiga hari kedepan untuk sosialisasi kepada pengguna  jalan," jelasnya. (ratno)   

Related News