Monday, September 8, 2014

TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Warga eks Transmigrasi Kecamatan Rimbo Bujang mempertanyakan pembuatan Sertifikat tanah pengganti kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tebo.

Pembuatan Sertifikat pengganti tersebut adalah salah satu solusi yang diberikan oleh PTPN VI Rimbo Bujang kepada warga eks Transmigrasi Rimbo Bujang yang Sertifikat tanahnya dinyatakan hilang.

Hilangnya Sertifikat tanah tersebut terungkap saat warga hendak melunasi hutangnya kepada pihak PTPN VI Rimbo Bujang melalui Bank yang ditunjuk.

Awalnya, sekitar tahun 1976 PTPN VI memberikan Tanah seluas 5 hektar kepada warga peserta Transmigrasi dan warga diwajibkan membayar Tanah tersebut dengan cara mencicil lewat Bank yang ditunjuk.

Setelah lunas, maka Sertifikat tanah tersebut akan diberikan kepada peserta Transmigrasi tersebut. Namun, sebagian warga eks transmigrasi tersebut, sudah melunasinya namun, Sertifikat yang dimaksud tidak ada alias hilang.

Atas hilangnya Sertifikat tersebut, warga bereaksi hingga meminta DPRD Tebo membuat Pansus untuk mendesak pihak PTPN VI agar bertanggung jawab atas hilangnya Sertifikat tersebut.

Hasilnya, pihak PTPN VI Rimbo Bujang berkoordinasi dengan BPN Tebo, mengupayakan akan menerbitkan ulang Sertifikat tanah milik warga eks Transmigrasi yang hilang tersebut.

BPN Tebo telah melakukan pengukuran ulang tanah - tanah warga tersebut pada tahun lalu untuk bekal penerbitan Sertifikat pengganti yang hilang tersebut.

Namun, tunggu tinggal tunggu dan janji tinggal janji, sampai saat ini dan anggota DPRD Tebo yang menjadi anggota Pansus tersebut tidak terpilih lagi jadi anggota DPR, Sertifikat pengganti tersebut belum juga terbit. Padahal, warga sangat menantikannya.

'' Untuk desa Purwoharjo, ada 67 KK yang tanahnya sudah diukur ulang, tapi Sertifikat pengganti belum ada satupun yang terbit, sementara anggota Pansus di DPR sebagian sudah tidak jadi anggota DPR lagi, terus bagaimana DPR mau desak BPN lagi,'' ujar Kades Purwoharjo, Suranto kepada Teboonline.com, Senin (8/9). (ratno)