Tuesday, September 30, 2014

Tampak aktifitas jual beli di Kantin Kewirausahaan
SMKN 4 Kabupaten Tebo
TEBOONLINE.COM, RIMBOULU - SMK Negeri 4 Kabupaten Tebo terus berupaya mengembangakan bakat dan kreatifitias siswa lewat program produktifitas. 

Selain itu, siswa juga dituntut memiliki modal berwirausaha selepas tamat dari lembaga pendidikan yang telah dijalaninya.

Meskipun masih uji coba dalam skala kecil, SMK Negeri 4 Kabupaten Tebo membuka usaha Kantin Kewirausahaan dengan modal utama sebesar Rp 500.000 diambil dari Koperasi Siswa (Kopsis), antusias siswa begitu luar biasa terbukti dagangan di Kantin kewirausahaan tersebut selalu habis.

Kepala SMK Negeri 4 Kabupaten Tebo, Drs Sri Supareng kepada Teboonline.com mengatakan, dibukanya Kantin kewirausahaan di Sekolahnya diharapkan mampu menanamkan jiwa wirausaha kepada para siswa.

“Kantin kewirausahaan ini, diharapakan mampu menumbuhkan jiwa wirausaha kepada setiap siswa,” ujarnya.

Dikatakan Sri Supareng lagi, Kantin kewirausahaan tersebut mengadopsi dari SMK Negeri 9 Surakarta, pengelolaanya sepenuhnya dijalankan siswa secara bergantian.

“Kewirausahaan ini kami adopsi dari SMKN 9 Surakarta, pengelolaanya sepenuhnya dijalankan siswa agar semua merasakan bagaimana orang berwirausaha yang baik dan benar,” terangnya.

Ditambahkanya lagi, Kantin kewirausahaan yang dibukanya juga mampu menampung berbagai macam jajanan hasil dari Home industry masyarakat disekitar lingkungan sekolah, bahkan para siswanya juga mulai banyak menitipkan jajanan hasil kreatifitasnya dirumah.

“ Kantin kami juga menampung jajanan home industry warga disekitar sekolah, para siswa juga sudah mulai banyak membuat jajanan untuk dijual di Kantin ini dan jika terus meningkat usaha tersebut akan dikembangkan yang lebih besar serta membuka cabang di Pasar-pasar yang ada di Kecamatan Rimbo Ulu,” pungkasnya. (bud)