Simpang Siur Biaya Nikah, Lurah Wirotho Agung Kumpulkan Ketua RT

Para Ketua RT sedang mengikuti sosialisasi
biaya nikah
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Masih adanya kesimpang siuran biaya pernikahan yang baru, sesuai Surat edaran  Kementerian Agama  (Kemenag) RI, tentang peraturan pemerintah (PP) No.48 tahun 2014. Memutuskan nikah atau rujuk di Kantor Urusan Agama (KUA) pada hari dan jam kerja, dikenakan tarif nol  Rupiah.

Sementara, nikah diluar KUA pada hari dan jam kerja, dikenakan tarif atau biaya Rp 600 Ribu. Realitanya, untuk penetrapan biaya pernikahan yang baru tersebut di tingkat ke RT belum ada kesingkronan di Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang.

Terkait adanya kesimpang siuran, dan belum ada keseragaman besarnya biaya pernikahan yang baru, yang mengakibatkan informasi miring yang dapat meresahkan masyarakat, maka Lurah Wirotho Agung mengumpulkan para Ketua RW/Ketua RT, bertempat  di Aula Kantor Kelurahan  baru - baru ini Untuk mensosialisasikan PP No.48 tahun 2014.

" Benar, saya kumpulkan para Ketua RW dan Ketua RT untuk mensosialisasikan tarif pernikahan yang baru, sehingga para Ketua RW, Ketua RT, Muddin, Tokoh masyarakat dan semua elemen masyarakat, mengetahui tentang perubahan biaya nikah baru yang di tetapkan oleh Pemerintah, " papar Lurah Soedjarijo, Sabtu (13/9)

Dalam pertemuan ini, imbuh Lurah, berdasarkan hasil musyawarah oleh Ketua RW dan Ketua RT di sepakati, diluar biaya nikah yang ditetapkan pemerintah , biaya pernikahan untuk administrasi Ketua RW, Ketua RT, Kelurahan masing - masing Rp 100 Ribu, Muddin Rp 200 Ribu, dan biaya Catin KUA Rp 50 Ribu. Sementara untuk administrasi rekomendasi izin keramaian Ketua RW, Ketua RT, Kelurahan, masing - masing Rp 50 Ribu, dan Polsek Rp 100 Ribu.

" Biaya pernikahan yang baru, di luar yang di tetapkan pemerintah Rp 600 ribu. Para ketua RW dan Ketua RT dalam wilayah Wirotho Agung, menyepakati dan menetapkan biaya administrasi pernikahan untuk Ketua RW, Ketua RT, Moddin, Kelurahan sebesar Rp 550 Ribu. sedangkan untuk administrasi izin keramaian untuk Ketua RW,Ketua RT,Polsek dan Kelurahan , sebesar Rp 250 Ribu " pungkas Lurah. (asa)

Related News