SAD Muara Kilis Tanam Padi 30 Ha


Kelompok SAD Muara Kilis saat menanam Padi di Ladang
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Keseriusan kelompok Suku Anak Dalam (SAD) Muara Kilis Kecamatan Tengah Ilir, untuk menanam Padi Ladang semakin tampak. Buktinya, sudah lebih dari 30 ha lahan yng sudah ditanam benih bibit Padi. Hal itu diungkapkan oleh Oktaviandi Mukhlis pendamping kelompok SAD Muara Kilis.

“ Lahan  yang sudah dibersihkan 50 ha lebih, yang sudah ditanam sudah 60 persen lebih atau 30 ha  lebih,”  terang Oktaviandi Mukhlis pendiri sekaligus pengelola Perkumpulan Pelita Kita (Peta) yang sudah 4 tahun lebih mendampingi kelompok SAD Muara Kilis.

Dijelaskan Andi sapaan Oktaviandi Mukhlis, ada sekitar 30 Kepala Keluarga (KK) yang ikut menanam padi ladang. Dari 30 KK tersebut, rata-rata setiap masing KK mengelola lahan atau menanam padi di lahan seluas 2 hektar,  “Target  mereka (kelompok SAD,red) akhir bulan September ini sudah selesai tanam  semua,”  tuturnya.

Andi menerangkan, sebelumnya pada tahun 2011 dan 2012 yang lalu, kelompok SAD sudah pernah menanam padi ladang. Meski luasan padi yang ditanam waktu itu tidak seluas saat ini, namun hasilnya sudah mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka (Warga SAD_red). “Hasil panen waktu itu sangat belimpah. Yang jelas bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan hasilnya juga dibagi-bagikan kepada warga  sekitar,”  katanya lagi.

Lanjut dia, pada tahun 2013, kelompok SAD kembali menanam padi. Sayangnya, pada tahun itu padi yang ditanam kelompok SAD tidak berhasil atau gagal.  “Mereka  kecewa dan tidak mau menanam padi kembali. Alhamdulillah, setelah diberi pengertian sekarang mereka mau menanam padi  kembali,”  sukurnya.

Atas kemauan kelompok SAD untuk menanam Padi kembali, Andi berharap agar hasil panen tahun ini bisa berlimpah seperti tahun sebelumnya. “ Mereka berkemauan keras. Mudah-mudahan kemauan mereka itu menuai hasil sesuai dengan jerih payah  mereka,”  pungkasnya berharap. (peta)

Related News