Peserta BPJS Senam Ploranis Dari Jepang

Peserta BPJS cukup antusias ikuti senam Ploranis
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Senam Ploranis bersama peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) gabungan dari dinas instansi dan umum yang ada di Kecamatan Rimbo Bujang, di gelar pada setiap hari Kamis pagi, bertempat di halaman Puskesmas Rimbo Bujang II. 

Senam ini ramai di ikuti oleh peserta BPJS. Pasalnya peserta sangat antusias mengikuti senam ini dan  mereka berharap bisa mendapat kesegaran dan kesehatan jasmani.

Diketahui, Senam ploranis ini, mengutamakan gerakan organ tubuh dan pengaturan pernafasan. Seperti gerakan kaki, tangan, kepala dan pinggul. Senam yang diiringi musik ceria maupun selingan music dangdut, membuat peserta asyik dan gembira.

Dampak dari pergerakan organ tubuh tersebut, membuat otot yang kaku jadi lemas sehingga peredaran darah dapat lancar. Dengan demikian orang yang selalu rutinitas melakukan senam tersebut dapat menjaga stamina tubuh tetap Vit. Dan pada akhirnya peserta BPJS atau Askes yang menderita sakit, bisa mengalami penyembuhan, tentunya tetap didukung melalui pengobatan medis.

Diketahui, senam ploranis  merupakan program khusus bagi peserta BPJS yang menderita penyakit, seperti kencing manis, colestrol, darah tinggi, jantung dan jenis penyakit lainnya. Program BPJS senam ploranis sudah di terapkan di Kabupaten Tebo sejak bulan Mei 2014 yang lalu. 

" Benar, senam ploranis program BPJS sudah di terapkan di Kabupaten Tebo, sejak Mei 2014 yang lalu, saya sudah menggelar dan melatih senam ploranis kepada peserta BPJS di beberapa Puskesmas di Kecamatan,  seperti Kecamatan Rimbo Ilir, Rimbo Bujang, Rimbo Ulu, Tebo Tengah, Sumay dan lainnya, " ungkap Kardianto alias Mas Boy, Instruktur senam ploranis , pada saat di Puskesmas Rimbo Bujang, Jumat (5/9).

Imbuh Instruktur Mas Boy, menurutnya Senam ploranis, hasil adopsi dari Negeri Sakura Jepang, yang dirancang untuk orang menderita sakit. Dirinya mengikuti Diklat senam di Jakarta. Dan ia merupakan satu - satunya Instruktur senam ploranis dari Propinsi jambi yang di tugaskan di Kabupaten Tebo.

" Untuk peserta BPJS, baik dari PNS maupun umum dipersilahkan bergabung, dalam senam ploranis  yang di gelar di Puskesmas yang tersebar di Kecamatan yang ada di Kabupaten Tebo," Jelas mas Boy, yang juga pencipta lagu dan senam Kabupaten Tebo.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Rimbo Bujang II dr.H.Sanusi di konfirmasi mengatakan, bahwa pihaknya selaku fasilitator penyelenggaraan senam ploranis, sangat senang dan menyambut positif adanya senam tersebut.

" Pihak BPJS sebagai pelaksana senam ploranis, sedangkan pihak Dinkes sebagai pelaksana medisnya. Peserta senam BPJS juga akan di berikan pelayanan kesehatan." pungkas dr.H.Sanusi.

Salah seorang peserta senam ploranis, Amir Said Kasi Pemerintahan Kantor Lurah Wirotho Agung berkomentar, menurut pengakuannya dirinya mengikuti senam ploranis masih peserta baru, namun reaksi dari hasil mengikuti senam tersebut, sudah terasa lumayan di badan.

" Walau saya masih baru mengikuti senam ploranis, saya merasakan enak di badan, seperti selama ini saya mengalami pegal - pegal, tangan dan kaki keram, mata kunang - kunang, sekarang sudah lumayan, " ujar Amir Said. (ratno)

Related News