Thursday, September 11, 2014


TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Tinggal hitungan bulan masa jabatan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Presiden RI, berakhir dan akan digantikan oleh Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi).

Peralihan jabatan Presiden tersebut membuat ratusan tenaga honorer Kategori dua (K2) di Kabupaten Tebo, yang tidak lolos seleksi CPNS 2013 kemarin, merasa bingung dengan nasibnya. Pasalnya, sesuai dengan janji Presiden SBY, akan mengangkat seluru tenaga honorer K2 untuk diangkat menjadi CPNS, belum tuntas.  “Sebentar  lagi presiden akan diganti, terus nasib kita bagaimana?,”  tanya salah seorang tenaga honorer K2 kepada Teboonline.com, Rabu (10/9).

Menanggapi kebingungan tersebut, Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kabupaten Tebo melalui Sekretaris BKPP Tebo, Eko Nuryanto mengaku bahwa pihaknya tidak bisa memberi kepastian akan nasib para tenaga honorer K2. Sebab hal itu adalah wewenang pemerintah pusat dalam hal ini adalah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

“Kita  tidak bisa memastikan apakah ada pengangkatan tenaga honorer K2 menjadi PNS. Sebab itu adalah kebijakan dan wewenang  pusat,”  kata Eko saat dikonfirmasi Teboonline.com diruang kantornya.

Eko mejelaskan, berdasarkan surat dari Kemenpan-RB, DKPP Tebo hanya diberi kewajiban untuk verifikasi dan validitasi data nama-nama tenaga honorer K2 yang belum diangkat menjadi PNS.  “ Datanya sudah kita serahkan kepada Kemenpan. Seperti apa nanti kebijakannya, kita juga masih menunggu informasi dari  pusat,”  tuturnya.

Dijelaskan Eko, saat ini masih ada 292 orang tenaga honorer K2 di Kabupaten Tebo yang belum diangkat menjadi CPNS. Meski demikian, kata dia, para tenaga honorer K2 tersebut bisa mengikuti seleksi CPNS dengan jalur umum.  

“ Jika memenuhi syarat, honorer K2 bisa mengkikuti seleksi CPNS jalur umum. Jika mereka lolos CPNS, datanya akan kita hapus. Namun jika tidak lolos, mereka masih tetap terdaftar sebagai tenaga honorer  K2,”  ucapnya.

Ketika disingung harian ini terkait kapan honorer K2 yang lulus seleksi CPNS pada 2013, menerima SK PNS, Eko menerangkan jika para honorer tersebut saat ini tengah melakukan verifikasi berkas di Palembang.  

“ Maunya kita secepatnya mereka menerima SK, namun karena masih ada beberapa honorer yang datanya masih kurang atau belum lengkap, dan itu sudah kita sampaikan kepada yang bersangkutan agar segera dilengkapi. Jadi kita tunggu saja  hasilnya,” pungkas Eko. (peta)