Masyarakat Tebo Terancam Terjangkit ISPA

BERDEBU : Pengendara saat melintas jalan berdebu tepatnya di depan
pendopo rumah dinas Bupati Tebo
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Penyakit ISPA sepertinya terus mengancam masyarakat Kabupaten Tebo. Pasalnya, selain kondisi kabut asap yang kian hari bertambah tebal, debu jalan dilokasi pekerjaan jalan dua jalur di jalan lintas Tebo - Bungo juga mempengaruhi kesehatan masyarakat, terutama pengendara motor dan pejalan kaki serta masyarakat sekitar.

“ Kabut asap bertambah pekat, ditambah lagi debu jalan dari kendaraan yang melintas. Jadi lengkaplah sudah penderitaan kita disini, setiap tahun selalu menghirup kabut asap dan sekarang ditambah debu jalan,” keluh Beni warga yang tinggal di lokasi pembangunan jalan dua jalur, Jumat (12/9).

Tidak itu saja lanjut Beni, dampak dari debu jalan tersebut membuat ruangan dan perabotan rumahnya tidak pernah bersih. “Tiap hari selalu membersihkan debu. Satu jam saja setelah dibersihkan, sudah berdebu kembali,” kesalnya.

Keluhan yang sama juga dilontarkan oleh Dedi, siswa SMA di Tebo saat melintas dengan mengendarai sepeda motor. Diakuinya, meski belum menganggu jarak pandang, namun kondisi kabut asap yang menyelimuti wilayah Kabupaten Tebo dan sekitarnya, sudah mulai menganggu kesehatan.

“ Memang belum mengganggu pandangan. Tapi mata sudah mulai tersa perih. Apalagi disaat melintas di jalan yang berdebu. Selain mata perih, napas juga terasa sesak,” ungkap Dedi.

Untuk itu, Dedi berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo agar bisa mencari solusi dan jalan keluarnya untuk mengatasi kabut asap dan debu jalan.

“ Mungkin masalah debu jalan, Pemerintah bisa minta kepada pekerjanya untuk mempercepat pekerjaan, dan mEnyiram badan jalan dengan air untuk mengurangi debu. Untuk kabut asap, pemerintah harus memantau titik api dan melakukan sosialisasi agar tidak membakar hutan,” pungkasnya. (peta)

Related News