MA - Alhidayah Didik Mental Siswa Dengan Mukhadharah

PENGARAHAN :* Suparjo salah satu gutu MA-Alhidyah ssaat memberi pengarahan
kepada siswa yang mengikuti kegiatan Mukhadharah

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Untuk meningkatkankan pengetahuan dan melatih mental siswa untuk berbicara dimuka umum, Yayasan MA-Alhidayah yang berlokasi di Kelurahan Sungai Bengkal Kecamatan Tebo Ilir, mengadakan kegiatan Mukhadharah. Kegiatan rutin setiap hari Kamis tersebut dilaksanakan mulai dari pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 16.30 WIB.

“ Kegiatan itu sengaja dilaksanakan pada sore hari agar tidak mengganggu jam pelajaran, karena pada pagi hari padat dengan jadwal belaar,” kata Suparjo, S.Pd salah seorang guru honor di MA-Alhidayah, saat dijumpai Teboonline.com disela - sela kesibukannya membimbing  siswa yang mengikuti kegiatan Mukhadharah.

Dijelaskannya, hampir seluruh siswa mengikuti kegiatan Mukhadharah, khususnya siswa 1, 2 dan 3 yang berminat dan berbakat mengasah keterampilan berbicara didepan umum, seperti ceramah, berpidato atau khutbah.

“ Masih ada 6 kegiatan lain yang kita laksanakan setiap sore, seperti Tilawah, Pramuka, PMR dan yang lain. Siswa dibebaskan memilih satu atau lebih dari kegiatan tersebut sesuai dengan hobbinya masing-masing,” ujar Supar, sapaan suparjo yang mengakatan, pada hari libur semua kegiatan dihentikan atau diliburkan.

Lanjut dia, kegiatan Mukhadharah sudah termasuk salah satu program kurikulum satuan tingkatan pendidikan (KTSP), yang bertujuan untuk melatih mental siswa untuk terampil berbicara didepan umum.

“ Saya berharap dengan ini siswa dapat mengembang potensi yang ada dalam dirinya, khususnya dalam berbicara didepan umum. Sehingga kedepannya, lulusan atau alumni MA-Alhidayah menjadi manusia yang berkualitas ditengah masyarakat,” harapnya.

Sementara, Maslan S.Ag, kepala MA- Alhidayah saat dikonfirmasi Teboonline.com membenarkan, jika sekolah yang dia pimpin mulai hari Kamis kemarin sudah melaksanakan beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang salah satunya adalah kegiatan Mukhadharah.

Senada dengan Suparjo, Jelas Maslan, kegiatan Mukhadharah yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kwalitas siswa, kecakapan, mental dan ketrampilan siswa untuk berbicara didepan umum. Dan hal itu adalah salah satu kegiatan pengambangan diri terhadap siswa yang akan terus ditingkatkan.

“ Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini MA-Alhidayah kelak akan melahirkan manusia manusia yang beekualitas ditengah masyarakat,” pungkas Maslan berharap. (peta)

Related News