Kabut Asap Kembali Menebal

Kabut Asap di Kabupaten Tebo kembali menebal
meskipun telah diguyur hujan
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Setelah sempat menipis akibat diguyur hujan, kabut asap yng menyelimuti wilayah Kabupaten Tebo dan sekitarnya kembali menebal dan pekat, Kamis (25/9). 

Keberadaan kabut sudah dirasakan semenjak dua hari yang lalu. Selain mengganggu panangan mata, kabut juga menganggu pernapasan karena berbau berbau asap.

“Dua hari kemarin sudah menipis bahkan nyaris hilang. Sekarang sudah tebal lagi. Mata terasa perih, begitu juga dada sudah mulai terasa sesak saat bernapas,” keluh Iwan warga Kecamatan Tebo Tengah, Kamis (25/9).

Menurut Iwan, kabut asap tersbeut berasal dari pembakaran hutan untuk dijadikan lahan perkebunan. “Inikan musim kemarau, jadi banyak yang membuka lahan dengan cara membakar. Dan ini sudah terjadi setiap tahun,” jelasnya.

Hal yang sama juga dikeluhkan Herman. Diakuinya, semenjak kabut asap menyelimuti Kabupaten Tebo, dua anaknya terserang terserang penyakit batuk dan pilek. “Sudah borobat ke dokter, tapi tak kunjung sembuh. kasihan lihatnya, apalagi saat malam ketika sesak sesak napasnya kumat,” keluh Herman sambil berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo segera mengambil langkah kongkrit untuk mengatasi kabut asap.

Pantauan Teboonline.com, dari pagi kabut asap sudah terlihat pekat. Tampak beberapa kendaraan yang melintas menyalakan lampu kendaraannya. Meski demikian, masih banyak terlihat pengendara yang engan mengunakan masker, terutama anak sekolah yang mengendarai sepeda motor. (peta)


Related News