Dispenda Tebo Gandeng Kejaksaan Tangani Wajib Pajak Bandel

ISKANDAR
Kepala Dispenda Kabupaten Tebo
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Diakui Iskandar, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Tebo, banyak persoalan yang menghambat peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Tebo, diantaranya kurangnya kesadaran para pewajib pajak untuk membayar pajak yang sudah ditentukan.

"Masih banyak pewajib pajak yang menunggak. Mereka (wajib pajak_red) masih kurang sadar akan pentingnya membayar pajak," ujar Iskandar kepada Teboonline.com beberapa waktu yang lalu.

Untuk mengatasi hal tersebut, Iskandar mengaku jika pihaknya sudah membuat strategi-strategi baru. Baik strategi jangka pendek maupun strategi jangka panjang. "Untuk jangka pendek, kita sudah beri peringatan kepada semua wajib pajak, bahkan ada sebagian yang langsung kita tindak tegas. Seperti spanduk, baliho dan reklame yang membandel. Sudah kita tertibkan tanpa pandang bulu. Yang membandel langsung kita turunkan," tuturnya.

Untuk jangka panjang, lanjut Iskandar, Dispenda akan membentuk Tim Terpadu (Timdu) yang nantinya akan melibatkan pihak-pihak terkait. Tidak itu saja, dalam Timdu nantinya juga akan melibatkan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Tebo.

"Jadi, jika pewajib pajak tetap membandel akan kita serahkan kepada kejaksaan yang dalam hal ini adalah pengacara pemerintah. Kejaksaan lah nantinya yang akan menindaknya," katanya lagi.

"Yang jelas sebelum melibatkan pihak kejaksaan, kita cari dulu payung hukumnya. Pasalnya, dalam perda tidak ada sanksi pada pewajib pajak. Makanya, kita cari dulu solusinya agar apa yang kita lakukan tidak melanggar aturan. Dan ini mudah-mudahan tahun 2015 nanti, sudah bisa berjalan," pungkasnya mengakhiri. (peta)

Related News