Buat Data Kependudukan, Tiga Minggu Kelar



TEBOONLINE.COM, MUARATEBO – Koordinator Wilayah Empat (Korwil IV) Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil, yang meliputi Provinsi Jambi, DKI, Babel dan Papua, mengintruksikan agar tiap-tiap Dinas Dukcapil agar membuat minifestasi data kependudukan. Pendataan tersebut dilakukan untuk mengetahui seberapa besar masyarakat yang sudah memiliki KTP Elektronik (eKTP).

Kabid Kependudukan, Dukcapil Tebo, Bekti Feri menuturkan, Kabupaten Tebo salah satu daerah yang diminta juga untuk membuat manifestasi data kependudukan. Dan berdasarkan laporan dari kepala Biro Pembangunan dibagian kependudkan Provinsi Jambi menyebutkan, kalau Kabupaten Tebo adalah yang tercepat didalam memberikan laporan data kependudukan. 

" Hanya dalam waktu tiga minggu kita berhasil merekap data kependudukan, setelah selesai seluruhnya baru kita kirim kembali ke Ditjen Kependudukan," ujar Feri kepada Teboonline.com.

Dijelaskannya, mulai dari didistribusikannya eKTP ke seluruh Kecamatan yang ada di Tebo. Pihaknya bersama tim sudah mulai bergerak melakukan perekapan data kependudukan. Dengan menurunkan 2 tim yang beranggotan 5 orang saja, pekerjaan merekap data selesai dalam waktu tiga minggu. 

" Saya apresisasikan kepada tim saya yang sudah bekerja keras selama ini, sehingga rekap data kependudukan yang diminta bisa cepat kelar," kata Feri.

Maklum saja, jumlah rekap data yang diolah seluruhnya mencapai ribuan lembar. Sedikitnya ada 10 rim lembar kertas yang sudah direkap. "Ya sekitar 5000 lembar data yang hasil rekapan yang kita kirim kembali. Dan itu kita kerja siang hingga malam, kecuali Sabtu dan Minggu kita istirahat, bersihnya sekitar 21 hari kerja," bebernya.

Sementara itu, berdasarkan data hasil inventarisasi dan identifikasi pemerima eKTP yang dihimpun Dinas Dukcapil Tebo, di 12 kecamatan, jumlahnya sudah mencapai 182.176 distribusi KTP elektronik. Jumlah tersebut belum seluruhnya diterima oleh pihak kecamatan. Diperkirakan ada sekitar 6000 lagi yang belum diterima pihak kecamatan. Yang paling banyak adalah di Kecamatan Rimbo Bujang yakni, 37.555, terus Kecaatam Rimbo Ulu 24.351 dan selnjutnya di Kecamatan Tebo Tengah, sebanyak 19.254. (peta)

Related News