5 Desa Di Tebo Belum Dialiri Listrik

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Kabid Listrik di Dinas ESDM Kabupaten Tebo, Habibi mengatakan bahwa, pihaknya tengah mengupayakan pemerataan jaringan listrik keseluruh desa di Kabupaten Tebo. Pasalnya, hingga saat ini masih ada 5 desa yang belum bisa menikmati aliran listrik PLN karena terkendala jaringan.

" Lima desa tersebut yaitu Desa Sungai Karang Kecamatan VII Koto dan Desa Muara Sekalo, Pemayongan, Suo-Suo, Semambu Kecamatan Sumay," beber Habibi kepada Wartawan diruang kantornya, Selasa (23/9).

Dijelaskannya, agar lima desa tersebut bisa menikmati aliran listrik, saat ini Dinas ESDM tengah mengupayakan program Listrik Masuk Desa ((Lisdes) dari PLN pusat untuk ditempatkan di lima desa itu.
"Usulan sudah kita ajukan, mudah-mudahan direspon dan tahun ini bisa direalisasikan," tuturnya berharap.

Diakui Habibi, jauhnya jarak atau jangkauan ke lima desa tersebut merupakan paktor utama penyebab sulitnya jaringan listrik masuk ke desa itu. Namun, lanjut dia, dari hasil survey tim, jarak terdekat menuju ke lima tersebut adalah Desa Balai Rajo Kecamatan VII Koto.
" Nanti jaringannya kita sambung dari Desa Balai Rajo, karena memang itu jarak yang terdekat dengan lima desa tersebut," ungkapnya.

Ditegaskannya lagi, jika lima desa itu sudah dibangun jaringan listrik artinya semua desa se Kabupaten Tebo sudah menikmati aliran listrik. Dengan begitu, pihaknya akan fokus pada Gardu PLN agar pasokan arus listrik ke desa-desa tidak terkendala.

"Yang jelas tinggal lima desa lagi yang belum ada jaringan listrik. Jika ini sudah terpasang, kita tinggal fakus pada Gardu untuk mengatur pasokan arus," pungkasnya. (peta)


Related News