Sekolah Swasta Kurang Diminati

Abdul Rasid
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Penerimaan Siswa Baru (PSB) di sekolah swasta kurang diminati. Kini sekolah swasta masih kesulitan untuk mendapatkan siswa baru. Minimnya PSB di sekolah swasta karena banyaknya sekolah Negeri yang menambah jumlah kuota PSB.

Kepala SD Islam desa Perintis Kecamatan Rimbo Bujang, Abdul Rosid, Selasa (5/8) mengatakan, sekolah swasta hanya jadi cadangan saja bagi siswa baru yang tidak diterima di sekolah negeri. Padahal sekolah swasta juga berkualitas.

Disebutkan, sekolah swasta membuka pendaftaran sampai dengan tahun pelajaran baru akan dimulai. Rata-rata sekolahan swasta masih membuka pendaftaran siswa baru sampai dengan hari terakhir sebelum siswa tahun ajaran baru 2014-2015 dimulai.

Menurutnya, di SD Islam yang dipimpinnya tersebut, jumlah siswa Kelas 1 yang baru saja diterima pada PSB tahun ini hanya berjumlah 12 orang saja. Sementara, jumlah siswa Kelas 1 pada tahun ajaran baru kemarin , siswa Kelas 1 berjumlah 23 orang.
 
“Jumlah siswa Kelas 1 tahun ajaran baru ini turun drastis, dari 23 orang menjadi 12 orang,” ujar Abdul Rosid kepada Teboonline.com saat berada di kantor UPTD Dikbudpora Kecamatan Rimbo Bujang.
 
Padahal lanjutnya, sebelum dimulai PSB, pihaknya mengaku telah melakukan sosialisasi kepada para orang tua yang akan memasukan anaknya Sekolah. Namun, para orang tua tersebut tampaknya lebih cenderung untuk menyekolahkan anaknya ke Sekolah negeri. Disebutkan Rosid, karena kondisi itu, separuh lebih bangku kosong dari keseluruhan kuota, atau jumlah daya tampung sekolah yang ditentukan. (crew)

Related News