Pelajar Rimbo Bujang, Sekolah Di Bungo Tanpa Pindah Rayon

TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG – Banyaknya pelajar yang ada di Kecamatan Rimbo Bujang bersekolah di Kabupaten Bungo tanpa menggunakan surat pindah rayon, sangat mengganggu pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru (PSB) di Kabupaten Tebo. Salah satunya SMPN 35 Kabupaten Tebo yang berlokasi di desa Pematang Sapat Kecamatan Rimbo Bujang.

Dituturkan Kepala SMPN 35 Kabupaten Tebo, S.Sibarani, Dinas Dikbudpora telah menerapkan dan mewajibkan sistem rayon pada PSB setiap tahun ajaran baru. Terlebih lagi, apabila pelajar ingin bersekolah diluar daerah Sekolah asal, itu wajib menggunakan surat pindah rayon dari Dinas Dikbudpora.

Namun, system tersebut tampaknya tidak digunakan, buktinya banyak pelajar yang baru lulus SD di Desa Pematang Sapat Kecamatan Rimbo Bujang, meneruskan Sekolahnya di salah satu SMP yang ada di Kabupaten Bungo tanpa menggunakan surat pindah rayon.

Mestinya, pelajar tersebut harus menggunakan surat pindah rayon. Karena, di Desa Pematang Sapat tersebut terdapat SMPN 35 Kabupaten Tebo. Tentunya, beberapa SD yang ada disana sebagai sekolah pendukung, berayon di SMPN 35 Kabupaten Tebo.

“Saya sudah cek ke Dinas Dikbudpora Tebo, tidak ada satupun pelajar dari Pematang Sapat mengurus surat pindah rayon untuk sekolah keluar daerah (Bungo_red),” ujar Sibarani, Kepala SMPN 35 mengungkapkan kepada Teboonline.com, Kamis (10/7) sambil menyebut bahwa nilai siswa pada UN lalu antara A dan B.

Adanya kejadian ini lanjut Sibarani, jumlah siswa pada Penerimaan Siswa Baru di SMPN 35 menjadi terganggu. Pasalnya, sampai saat ini hanya 19 orang pelajar yang mendaftar. Sementara, kalau menurut dari SD pendukung yang ada, PSB kali ini diprediksikan akan berjumlah sekitar 60 orang.

“Saya sangat berharap kepada seluruh elemen yang ada seperti pihak desa, pihak PTPN VI dan Dinas Dikbudpora dapat membantu mencarikan solusinya agar SMPN 35 dapat lebih maju lagi,” harap Sibarani. (crew)

Related News