Ditipu Mantan Bendahara UPTD, 3 Guru Tak Terima Gaji

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Mantan bendahara Unit Pelaksana Tekhnis Dinas (UPTD) Dikbudpora Kecamatan Sumay diduga melakukan penipuan terhadap tiga orang Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di  SD 211 Desa Margodadi, Kecamatan Sumay. 

Akibat penipuan tersebut, selama 3 bulan guru tersebut tidak menerima gaji. Kejadian tersebut bermula saat pelaku meminjam uang di Koperasi atas nama SD 211, tanpa sepengatahuan Guru, namun setelah melakukan peminjaman gaji ketiga Guru tersebut tak dibayar dikarenakan bendahara tersebut membayar hutang di koperasi dengan Gaji Guru SD 211.

"Kita merasa ditipu sama bendaraha UPTD tersebut, masak melakukan peminjaman uang di Koperasi terus yang harus membayarnya menggunakan gaji Guru, kita sangat keberatan, dan merasa ditipu," Kata salah seorang Guru yang enggan disebutkan namanya.

Sebelumnya, Guru juga diancam apa bila melaporkan hal tersebut ke Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahara (Dikbudpora) Kabupaten Tebo.

"Jika Guru ngadu, diancam-ancam lah, makanya Guru-guru pada takut," paparnya.

Dikatakannya, akibat tidak menerima gaji selama tiga bulan tersebut, dirinya bersama kedua orang temannya merasa sangat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Anak mau sekolah, kita juga perlu makan, jika tidak ada gaji, terus kita ini mau makan apa," keluhnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa saat ini gaji tersebut dibayarkan secara berangsur-angsur oleh bendahara UPTD tersebut.

"Kita berharap agar segera dilunasi, karena uang tersebut adalah hak kami dan sangat dibutuhkan oleh keluarga," harapnya.

Sementara Itu, Kepala UPTD Sumay, Suhardi mengakui ada keterlambatan dalam membayarkan ketiga orang gaji tersebut, namun saat ini sudah dibayar secara bertahap.

"Yang melakukan peminjaman tersebut merupakan bendahara UPTD yang lama, namanya Ade, sekarang sudah pindah ke sekolah," sebut Suhardi. (ty)

Related News