Data Tak Valid, Dana Sertifikasi Tak Cair

Para Guru sedang antri ambil dana Sertifikasi
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Sejumlah Guru di Kabupaten Tebo saat ini tengah mengeluhkan lambannya pembayaran dana sertifikasi Guru oleh Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Tebo, padahal bulan Juli memasuki pencairan tahap tiga, namun sayangnya tahap satu pun tak kunjung dibayarkan, Akibatnya banyak Guru mengeluhkan kondisi tersebut.

Salah seorang Guru yang enggan disebutkan namanya menyebutkan bahwa memasuki awal Juli, dana sertifikasi tahap satu tidak kunjung dicairkan oleh Dinas Pendidikan

"Seharusnya jika sudah bulan Juli dana sertifikasi tahap satu dan dua sudah dibayarkan, namun sayangnya hingga saat ini tak kunjung dibayar," Ungkapnya.

Dirinya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Tebo  untuk mengupayakan pencairan dana tersebut di bulan Juli ini, mengingat kebutuhan menjelang lebaran semakin banyak.

"Kita meminta Diknas segera mencairakan dana tersebut, karena ini sudah terlalu lama tidak dicairkan bahkan sudah memasuki bulan Juli," Tandasnya.

Sementara itu Kadis, Dikbudpora Kabupaten Tebo, Zulkifli melalui Desi Linda salah seorang staf Pengelola Sistim Informasi Managemen Tunjungan Profesi mengatakan, lambannya proses pencairan dana sertifikasi tersebut akibat masih banyaknya data yang belum valid.

"Karena datanya belum lengkap dari sekolah, hal tersebut kemudian mengakibatkan data belum bisa diterima, akibatnya pusat belum dapat mentransfer dana sertifikasi tersebut," ungkap Desi.

Dirinya memastikan apabila data Dapodik tersebut sudah lengkap, otomatis pusat langsung mentransfer dana tersebut.

"Karena data Dapodik banyak salah, akibatnya tidak singkron, otomatis SK dari Dirjennya tidak keluar," tegasnya.

Mengingat sudah memasuki bulan Juli, dirinya akan membayarkan dana tersebut langsung menjadi dua tahap.

"Tahap pertama nanti akan kita bayar langsung tiga bulan, tahap kedua enam bulan, sedangkan tahap ketiga akan dibayarkan di bulan September dan tahap keempat akan dibayar di bulan Desember," sebutnya

Sementara itu, besaran dana Sertifikasi yang akan diterima Guru tersebut bervariasi, tergantung gaji pokok dan golongannya

"Sesuai golongan dan gaji pokok pegawai," paparnya.

Selain itu, Desi juga menghimbau kepada Guru untuk tetap bersabar menunggu dana sertifikasi tersebut, karena memang saat ini dananya memang belum masuk, nanti apabila sudah masuk pasti akan dibayarkan. (ty) 

Related News