ESDM Hari Ini Panggil Pimpinan PT HKI

Lokasi bekas galiang tambang Batu Bara
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Bos PT Haswi Kencana Indah 1 (PT.HKI1) yang terletak di Desa Muaro Sekalo Kecamatan Sumay akan dilakukan pemanggilan secara tertulis pada Jum'at ini (13/6), hal tersebut dilakukan untuk diminta pertanggung jawabannya terkait bekas galian tambang Batu Bara yang sudah ditinggalkan dan tidak produktif lagi sekitar lebih dari satu tahun yang lalu.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas ESDM Tebo, Sindi melalui Kepala Bidang Pertam bangan Hendryanto saat dikonfirmasi (12/6) kemarin. "Pemanggilan terhadap pimpinan perusahaan PT.HKI dilakukan secara tertulis adalah bukti keseriusan dan ketegasan kami terhadap perusahaan pertambangan dan kita akan berupaya untuk melakukan penyetopan aktifitas penambangan batu bara dilokasi (PT.HKI 2) yang berada diantara Desa Muaro Sekalo dan Desa Semambu," tegas Hendryanto. 

Bekas galian tambang Batu Bara  PT HKI
yang belum direklamasi
Sementara waktu lanjutnya, sebelum masalah dilokasi (PT.HKI 1) di Desa Muaro Sekalo ini diselesaikan, sesuai dengan undang-undang Pertambangan Nomor.4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara, karena ada hak dan kewajiban yang harus dijalankan dan dipenuhi oleh perusahaan dari apa yang telah didapatnya dari alam ini baik dengan pemerintah maupun masyarakat.

Seperti telah diberitakan sebelumnya Terkait itupun Hendriyanto menegaskan bahwa menurut Dinas ESDM Tebo, bahwa aturan reklamasi memang ada, hanya saja sejauh ini di Kecamatan Sumay banyak bekas galian tambang batu bara ditinggal tanpa direklamasi oleh perusahaan tersebut.

"Aturan reklamasi sudah benar, namun mereka beralasan tidak melakukan reklamasi karena masih produktif 'katanya. (ard)

Related News