Sido Rukun Ikuti Lomba Desa

SUYADI SH
TEBOONLINE.COM, RIMBOULU  –  Desa Sido Rukun Kecamatan Rimbo Ulu mendapat kesempatan untuk ikut lomba desa. Kendati baru tingkat Kabupaten Tebo, namun Desa ini dilihat memiliki prestasi yang layak untuk menjadi wakil Kabupaten Tebo untuk mengikuti lomba serupa di tingkat diatasnya.

Penilaian dilakukan hari Rabu (30/4) di Kantor Desa Sido Rukun. hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah tim penilai yang terdiri dari sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo. Diantaranya Badan Pemberdayaan Pemerintah Desa dan Pemberdayaan Masyarakat (BPMPD), Dinas Kesehatan, dan Dinas DIKBUDPORA Kabupaten Tebo.

Dalam kata sambutan, Sukirno, Kepala Desa Sido Rukun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kecamatan Rimbo Bujang yang telah mempercayakan Desa Sido Rukun untuk mengikuti lomba tersebut. Meskipun Sukirno sebagai kepala desa baru menjabat kurang dari satu tahun, menurutnya desa tersebut telah berkembang dengan baik saat di pimpin oleh kepala desa sebelumnya.

“Desa  Sido Rukun selama ini telah sering mendapatkan prestasi dan menjadi tuan rumah berbagai kegiatan, kegiatan terakhir Pertasi Kencana yang dihadiri oleh Gubernur Jambi belum lama  ini,” ujar Sukirno.

Camat Rimbo Ulu, Suyadi menambahkan, pihaknya memilih Desa Sido Rukun untuk menjadi wakil Kecamatan Rimbo Ulu, karena memiliki prestasi yang belakangan sulit dicapai oleh desa-desa yang lain, yakni Pencapaian Pajak Bumi dan Bangunan 100 persen. Menurutnya dengan prestasi tersebut, menandakan desa cukup baik dalam bidang administrasi dan kepedulian masyarakat yang menjadi criteria utama penilaian lomba tersebut.

Dijelaskan oleh Suyadi, tujuan dari penilaian, tidak hanya untuk mendapatkan nama, tapi juga pembinaan administrasi desa sesuai dengan Undang-Undang (UU) No 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Menertibkan administrasi, sehingga dapat mengelola dana yang akan dikucurkan ke desa sesuai dengan UU tersebut.

“Ini  juga sebagai motivasi kepada desa peserta dan desa lainnya. Dalam hal ini Kecamatan akan melakukan  pembinaan,”  ujar Suyadi.

Sementara itu, Perwakilan Tim Penilai, Samsul Bahri, menyampaikan bahwa penilaian lomba tersebut meliputi berbagai bidang diantaranya pendidikan, kemasyarakatan, ekonomi kemasyarakatan, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, administrasi, lembaga kemasyarakatan, dan pemberdayaan dan kesejahteraan.

“Penilaian  ini dilakukan oleh pejabat dari SKPD yang membidangi beberapa bidang  tersebut,”  jelas Samsul Bahri. (go)

Related News