HBA Resmikan 3 IPA PDAM Tirta Muaro

Gubernur Jambi HBA didampingi Bupati Tebo Sukandar melihat Instalasi Pengolahan Air
PDAM Tirta Muaro Unit Desa Perintis Kecamatan Rimbo Bujang
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO – Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA), Senin (12/5) meresmikan 3 Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Tirta Muaro yang dipusatkan di Kantor PDAM Tirta Muaro Unit desa Perintis Kecamatan Rimbo Bujang. Hadir pada acara tersebut Bupati Tebo H Sukandar dan unsure Muspida.

Pada sambutannya, Gubernur Jambi mengatakan bahwa pembangunan IPA PDAM Tirta Muaro ini dananya bersumber dari 3 anggaran yakni APBN, APBD Propinsi dan APBD Tebo. Untuk itu, diharapkan dengan adanya IPA ini mampu menekan persentase kebutuhan masyarakat akan Air Bersih.

“Saya berharap dengan dibangunnya IPA PDAM Tirta Muaro ini akan mampu menekan persentase kebutuhan Air bersih sampai 5 %,” ujar Gubernur HBA.

Sementara, Bupati Tebo Sukandar dalam sambutannya mengatakan hal yang sama. Hadirnya IPA PDAM Tirta Muaro dimana peresmian 3 IPA PDAM Tirta Muaro dipusatkan kantor PDAM unit desa Perintis, kedepannya dapat bermanfaat kepada masyarakat.

“Seperti hadirnya IPA PDAM Tirta Muaro unit desa Perintis, kepada Direkturnya saya berharap agar membuka peluang kerja kepada warga desa Perintis karena IPA dibangun didesa Perintis dan peluang kerja kepada warga desa Teluk Kuali dikarenakan akses pelayanan air diambil dari Sungai Batanghari yang ada di Desa Teluk Kuali,” ujar Bupati Tebo Sukandar dihadapan para undangan.

Sukandar mengungkapkan bahwa, tercatat ada 3525 pelanggan PDAM Tirta Muaro yang bisa dilayani, namun hanya 13,7 % saja yang mendapatkan akses pelayanan, sementara data yang ada di Bapeda ada 60,3 % yang mendapatkan akses pelayanan tersebut.

“Mudah – mudahan, dengan dibangunnya IPA ini, target dan tugas berat PDAM dapat mencapai 30 sampai 33 % rumah tangga mendapatkan akses saluran Air bersih,” ujar Bupati Tebo.

Direktur PDAM Tirta Muaro, Budhi Irawan dalam sambutannya mengatakan, ada tiga IPA yang diresmikan yaitu IPA PDAM Unit Desa Perintis, PDAM Unit Rimbo Ulu dan PDAM Unit Teluk Rendah. Kapasitas IPA PDAM Tirta Muaro ini adalah 50 Liter/detik dimana akses air diambil dari Desa Teluk Kuali dan disalurkan ke Rimbo Bujang dan sekitarnya.


“PDAM Tirta Muaro mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah pusat, Propinsi dan Pemerintah Tebo atas bantuannya sehingga PDAM Tirta Muaro bisa maksimalkan pelayanannya kepada masyarakat dan keluar dari krisis air baku dan keluar dari kendala Financial,” ujar Budhi Irawan. (crew)

Related News